Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Nova Putri Ayuni, Laswadi Laswadi, Reri Seprina Anggraini

Sari


Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan siswa dalam bernalaran, baik dalam menganalisa sesuatu dan menarik kesimpulan secara logis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan penelaran matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran (CIRC) Cooperative Integrated Reading and Composition) diterapkan. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian the one-group pretest-posttest. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas Xl IPA. Adapun hasil penelitian diketahui diketahui rata-rata nilai pretest sebesar 28,53, yang artinya masih tergolong rendah, sedangkan hasil posttest sebesar 49,4 yang berarti tergolong sedang. Artinya terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran (CIRC) Cooperative Integrated Reading and Composition, dimana kemampuan penalaran matematis siswa lebih baik dari setelah diterapkannya model pembelajaran (CIRC) Cooperative Integrated Reading and Composition bisa kita lihat dari hasil uji Paired Sample T-Test dari nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 dimana kecil dari 0,05.

Kata Kunci


(CIRC) Cooperative Integrated Reading and Composition), Kemampuan Penalaran Matematis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cahya, I. M., Effendi, K. N. S., & Roesdiana, L. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.57250/ajup.v1i2.5

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematismelalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 47–54.

Kariani, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Melalui Model CIRC Di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unika Santo Thomas. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Terapan, 3(2), 81–91.

Khairunnisa, E. (2016). Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Cooperative-Integrated Reading and Composition (Circ) Dengan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (Cra) Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Smp. 53(9), 1689–1699.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad, R. Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT.Refika Aditama.

Munthe, D. R. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dibantu Media Peta Konsep terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Peserta Didik pada Materi SPLTV (Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel) Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal TP 2018/2019.

Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.302

Sari, Y. M., & Surya, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Terhadap.

Suarjana, W., Suniasih, N. W., & Darsana, W. (2014). Pengaruh Model CIRC Berbasis Soal Cerita Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Kecamatan Gianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.

Suhana, N. (2014). Peningkatan kemampuan penalaran matematis, berpikir logis dan self esteem siswa SMP melalui model pembelajaran kooperatif tipe struktural Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. In SKRIPSI (Issue 1204665).




DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v4i2.7779

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.