Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Mahasiswa Melalui Media Elektronik Flip Bookmaker

Sulami Sibua, Hery Suharna

Sari


Permasalahan yang dihadapi mahasiswa saat ini adalah sulitnya melaksanakan pembiasaan literasi bagi mahasiswa ketika pembelajaran, rendahnya minat baca mahasiswa, kurangnya referensi yang dimiliki, kurangnya pemanfaatan media elektronik terutama aplikasi baik yang online maupun aplikasi yang bersifat offline yang sesuai dengan era revolusi industri 4.0. Salah satu aplikasi yang sesuai dengan era sekarang yakni flip bookmaker dalam pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini ingin melihat bagaimana peningkatan kemampuan literasi baca tulis dan numerasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Perolehan data penelitian melalui pre tes dan post tes. Data hasil tersebut di dengan menggunakan rumus presentasi untuk melihat sejauh mana peningkatan kemampuan literasi mahasiswa. Selanjutnya sebagai data tambahan yaitu wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini melibatkan 2 mahasiswa untuk membantu peneliti sampai dengan publikasi pada jurnal. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Post-test design. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flip bookmaker dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Hal tersebut membuktikan bahwa dengan memberikan rangsangan berupa media flip bookmaker dapat membangkitkan minat dan antusias mahasiswa dalam pembelajaran sehingga meningkatkan kemampuan literasi numerasi mahasiswa.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v4i2.7942

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.