Analisis Hambatan Belajar Matematika Bagi Siswa SD pada Materi Pecahan

Nyoman Wally, Astuti Sailila, Lismawanti Dingomaba, Ahmad Afandi

Sari


Matematika adalah salah satu materi fundamental yang diajarkan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, namun sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit oleh banyak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan yang dihadapi oleh siswa sekolah dasar dalam mempelajari materi pecahan. Metode yang digunakan adalah analisis dokumen dari penelitian sebelumnya yang dipublikasikan dalam rentang waktu sepuluh tahun terakhir, mengutamakan kajian yang membahas kesulitan belajar matematika di tingkat dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan dalam memahami konsep pecahan, menggunakan bahasa simbol matematika, dan mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah adalah hambatan utama yang dihadapi siswa. Dari temuan ini, disarankan agar pembelajaran matematika di sekolah dasar dilakukan dengan pendekatan yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan spesifik siswa, serta melibatkan kolaborasi aktif antara guru, orang tua, dan pendidik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi pengajaran yang dapat mengurangi kesulitan belajar matematika dan membuat materi lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v4i3.8246

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.