PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI BIOSFER SISWA KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE

Diyana Mansur, Tamrin Robo, Zulkifli Ahmad, Rusman Rasyid

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Problem Solving pada materi Biosfer siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 5 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan tahapan atau prosedur mulai dari perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penilitian pada kelas yang berjumlah 20 siswa . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, RPP, lembar observasi, LKS, butir soal bentuk essay yang berjumlah 5 item dengan skor total 20 pada siklus I dan II. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dari 20 siswa terdapat 4 orang siswa yang tuntas sehingga ketuntasan hasil belajar klasikal yang didapat pada siklus I yaitu 20%. Dan pada siklus II yang tuntas sebanyak 19 siswa sehingga ketuntasan hasil belajar klasikal meningkat yaitu 95% Siswa yang tuntas belajar. Berdasarkan analisis pada sisklus I ke siklus II untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan nilai yang diperoleh dari ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Berdasarkan tada tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem solving pada materi biosfer kelas XI IPS- 2 SMA Negeri 5 Kota Ternate.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta

Arikunto, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta

Sardiman. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta

Sudjana, N., (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algessindo: Bandung

Sumaatmadja, N., 1997. Metodologi Pengajaran Geografi. Bumi Aksara: Jakarta.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rinaka Cipta: Jakarta.

Thoha, C., 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v2i2.4552

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License