PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI-IPS MA AL KHAIRAAT TERNATE

Zainab Saimima, Syahril Muhammad, Hernita Pasongli, Eva Marthinu

Sari


Strategi pembelajaran menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan partisipasi siswa secara menyeluruh melalui strategi everyone is a teacher here dinilai sangat efektif selama proses belajar mengajar. Hasil observasi awal nyang dilakukan diperoleh di MA Alkhairat yaitu siswa kelas XI IPS memiliki rata-rata hasil belajar yang rendah sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan jenis PTK dengan tahapan penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan reflesi dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa. instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Analisis data menggunakan rumus persentase dengan kriteria kualifikasi menggunakan Pedoman Acuan Patokan. Hasil yang diperoleh sebagai berikut: 1) 90,62% hasil belajar siswa meningkat, 2), aktivitas guru dan siswa juga ikut meningkat sebesar 100% serta meningkatkan ketuntasan belajar yang diukur dari KKM kelas sebesar 96,02%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Jailani, K, A, 2011. Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here dalam Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X-7 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang. Universitas Negeri Maulana Malik Malang (Tidak dipublikasikan).

Fitria, A, 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here pada konsep Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Study Eksperiment terhadap Siswa Kelas VII MTS Al Hidayah Cukang Kawung Kecamatan Sodong Hilir Kabupaten Taksimalaya Tahun Ajaran 2012-2013). Universitas Siliwangi Tasikmalaya. (Tidak Dipbulikasikan).

Mas’ud, A, 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Leb- Khair.

Syah, D, 2007. Perencanaan Sistem Pendidikan. Jakarta: Press.

Thoha, 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v2i2.4556

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License