Tinjauan Perilaku Pedagang dalam Penanganan Sampah di Pasar Inpres Waiwerang Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur Tahun 2023

Rahmi Yati Watowutung, Hamza H. Wulakada, Sunimbar Sunimbar

Sari


Tujuan penelitian ini yakni, 1) untuk mengetahui perilaku pedagang dalam penanganan sampah yang ditinjau dari faktor predisposisi,  2) untuk mengetahui perilaku pedagang dalam penanganan sampah yang ditinjau dari faktor pemungkin dan 3) untuk mengetahui perilaku pedagang dalam penanganan sampah yang ditinjau dari faktor penguat di pasar Inpres Waiwerang Kecamatan Adonara Timur Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dimana jenis penelitian ini yang syarat dengan nuansa angka - angka dalam teknik pengumpulan data di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian mengenai perilaku pedagang dalam penanganan sampah di pasar Inpres Waiwerang Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur Tahun 2023 menyatakan bahwa (1) di tinjau dari faktor  predisposing,  berdasarkan tiga parameter yaitu pengetahuan masuk dalam kategori tidak baik dengan persentase 72,05%, sikap masuk dalam kategori baik dengan persentase 52,94%, dan tindakan pedagang dalam penanganan sampah masuk dalam kategori tidak baik dengan persentase 63,97%. (2) ditinjau dari  faktor kemungkinan (enabling factor) pedagang pasar Inpres Waiwerang dalam penanganan sampah masuk dalam kategori tidak baik dengan persetan 66,18%. (3) ditinjau dari faktor penguat (reinfoching factor) pedagang pasar Inpres dalam penanganan sampah masuk dalam kategori tidak baik dengan persentase 50,74%.

Kata Kunci


Perilaku; Pedagang; Penanganan Sampah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almuthori, FM, & Purnomo, NH (2019). Strategi Adaptasi Masyarakat dalam Menghadapi Bencana banjir Sungai Lamong di Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur. Swara Bhumi,1 (3).

Aziz, G. A. (2019). Kajian Perilaku Terkait Dengan Timbulan Sampah Di Pasar Tanjung Anyor Kota Mojokerto Tahun 2019 (Doctoral dissertation,POLTEKES KEMENKES Surabaya).

Candra, Fitriani Ayu. "Pengelolaan Sampah Tradisional Dan Partisipasi Pedagang Pasar Dengan Kebersihan Lingkungan Pasar." 2013: Skripsi.

Djollong, Andi F. 2009. Tekhnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif.

Ferawati, F., & Rivai, A. (2022). Tinjauan perilaku Penjual Dalam Penanganan Sampah Di Pasar Amahami Kota Bima (STUDI). Sulolipu: Media Komunikasi Sivitas Akademika dan Masyarakat, 22 (1), 9-15.

Ranadhani, N. H. (2016). Perepsi Pedagang Pasar Panjang Kota Kendari dalam Membuang Sanpah. Skripsi. Kendari. FKIP. UHO.

Prastianti, F. D. (2021). Pelaksanaan Pasal 13 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan sampah Di Kecamatan Surardadi Kabupaten Begal Terhadap Lingkungan Hidup.

Purnomo, Nugroho Hari. 2019. "Strategi Adaptasi Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Kali Lamong Di Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur".

Sugiono. 2012. Pengertian Populasi dan Sampel Penelitian.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v5i2.6920

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License