IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES TABANALOU PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 MANUSIA DAN LINGKUNGAN
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres Tabanalou di kelas V yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 13 perempuan dan 3 laki-laki. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan perolehan hasil belajar. Pada siklus I terdapat 6 siswa yang mencapai nilai KKM dengan persentase 37,5 % dan 10 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan persentase 62,5 %, aktivitas guru 71,11% dan aktivitas siswa 69,41%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dimana terdapat 14 siswa yang mencapai nilai KKM dengan jumlah persentase 87, 5% dan 2 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan jumlah persentase 12,4 %, aktivitas guru meningkat menjadi 90% dan aktivitas siswa 89,41%. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa implementasi model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 manusia dan lingkungan
Teks Lengkap:
34-46 PDFDOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v10i1.4909
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id