UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE KARTU SUKU KATA PADA SISWA KELAS I SDN 52 KOTA TERNATE

Anwar Marasabesy, Santi M. J Wahid

Sari


Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan secara khusus tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penggunaan metode suku kata pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 52 Kota Ternate. 2) Untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 52 Kota Ternate setelah menggunakan metode Membaca dengan Kartu Suku Kata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Cloossroom Action Research. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah Penelitian yang khusus dimaksudkan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 52 kota Ternate. Proses Penelitian Tindakan Kelas meliputi aspek Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan/Observasi, dan Refleksi yang merupakan langkah-langkah berurutan dalam setiap siklus. Hasil analisa data pada siklus I jumlah siswa yang tuntas adalah 6 siswa dengan jumlah rata-rata 21,42%, yang tidak tuntas adalah 22 siswa dengan jumlah rata-rata 78,57%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas adalah 21 siswa dengan nilai rata-arta 75%, yang tidak tuntas adalah 7 siswa dengan nilai rata-rata 25%. Dengan demikian, observasi pada siklus I ke siklus II mencapai target ketuntasan, maka penelitian ini tidak lagi di lanjutkan pada siklus berikutnya.

Teks Lengkap:

47-60 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v10i1.4912

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id