PENERAPAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 1 KOTA TERNATE

Nurafni Kaunar, Samsu Somadayo, Risna Srinawati

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mengetahui proses penerapan media flash card dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Kota Ternate, (2) Mengetahui hasil membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Kota Ternate dengan menggunakan media flash card. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Adapun tahapan PTK meliputi: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas I semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) observasi, 2) dokumentasi, dan 3) tes. Hasil penelitian dari penerapan media flash card dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa atau 45% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 11 siswa atau 55% dari 20 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah rata-rata pada siklus I adalah 59,25%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media flash card untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas I SD Negeri 1 Kota Ternate belum berhasil. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 80% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa atau 20% dari 20 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah rata-rata pada siklus II adalah 72,00%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Kota Ternate.

Teks Lengkap:

73-81 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v10i1.4916

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id

 

slot gacor slot