PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA GURU KELAS RENDAH DI SD NEGERI KOTA TERNATE
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pelaksanaan pembelajaran tematik di SD
Negeri Kota Ternate yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, mendeskripsikan cara mengatasi problem yang dialami guru dan siswa selama pembelajaran. Problematika pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Negeri Kota ternate dapat disimpulkan bahwa; Problem yang dialami guru yaitu: guru kurang kreatif dalam memilih media, kondisi kelas yang kurang maksimal, metode pembelajaran kurang bervariasi, keterbatsan sarana dan prasarana yang kurang memadai, problem perencanaan pembelajaran, dan problem evaluasi pembelajaran tematik. Problem yang dialami siswa sebagai berikut: kemampuan baca tulis siswa yang lamban, kurang aktif dan antusias dalam proses pembelajaran dan kehadiran siswa yang kurang disekolah. Solusi yang ditempuh untuk mengatasi problematika dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terkait problematika pendidik (guru) yakni: Guru harus kreatif dalam memilih media pembelajaran; guru harus mampu mengelolaan kelas; memilih metode pembelajaran yang variatif; memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada secara optimal; memperbaiki Perencanaan Pembelajaran; dan melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Tematik. Solusi yang ditempuh untuk mengatasi problematika dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terkait siswa yakni: meningkatkan kemampuan baca tulis siswa; membuat siswa aktif dan antusias dalam proses pembelajaran; dan meningkatkan efektivitas kehadiran siswa di sekolah. ini semua dapat dilakukan pendampingan/pelatihan guru di SD Negeri Kota Ternate.
Teks Lengkap:
7-16 PDFDOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v11i2.7156
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id