ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER SISWA TERHADAP PERILAKU BULLYING DENGAN TEMAN DI KELAS

Dinda Eka Wulandary, Fitri Widiyani, Nurasni S Malagapi, Siti Rohayati Husain, Risna Srinawati

Sari


Sekolah menjadi tempat anak untuk berinteraksi dengan teman dan guru. Pergaulan di lingkungan sekolah memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan nilai-nilai moral, etika, dan karakter anak. Namun, tidak semua anak menerima pergaulan dengan menjalankan nilai, etika, dan berkarakter, sehingga sering terjadi permasalah bullying antar siswa. Bullying merupakan masalah utama pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai karakter siswa terhadap perilaku bullying dengan teman di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa pembagian angket, wawancara, dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu nilai karakter siswa, khususnya pada nilai bersahabat/komunikatif menunjukan hasil tertinggi pada indikator berbicara dengan bahasa yang baik dan santun dengan membuat siswa lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran dan meningkatkan efektivitas kehadiran siswa di sekolah tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa memiliki rasa simpati, bersahabat, dan komunikatif yang baik terhadap bullying yang terjadi pada teman sejawat.

Kata Kunci: Bullying, Karakter, Sekolah, Teman Kelas


Teks Lengkap:

1-11 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v12i1.8197

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id