UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WAIMAN

Dewi Haimia, Samsu Somadayo, Sukria Ahsan

Sari


Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui proses penggunaan model problem based learning pada pembelajaran tematik di kelas V SDN Waiman. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran tematik menggunakan model Problem Based Learning  di kelas V SDN Waiman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif.

Penelitian ini dimulai pada tanggal 9 Agustus sampai 9 September 2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Waiman sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian ini adalah instrument tes berupa 10 soal  pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa,  model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa  siklus I dan siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada tes akhir terjadi peningkatan, yakni siklus I diperoleh persentase 40% dan  90% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan, yakni 58,9% pada siklus I dan 91,1% pada siklus II.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar


Teks Lengkap:

24-31 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v12i1.8200

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id