PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TEMA 5 SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN NUSA AMBU KABUPATEN HALMAHERA TIMUR

Nabila F Idris, Suhardi Abdullah, Selvi Wulandari, Pamuti Pamuti

Sari


Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pengunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada tema 5 subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan di kelas IV SDN Nusa Ambu Kabupaten Halmahera Timur (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada tema 5 subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan di kelas IV SDN Nusa Ambu Kabupaten Halmahera Timur. menggunakan siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting).

Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I bahwa hasil belajar siswa pada materi perjuangan para pahlawan terdapat 3 siswa yang tuntas atau 30%. Siswa yang dinyatakan tidak tuntas sebanyak 7 siswa atau 70% hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan pada siklus I belum berhasil atau belum meningkat yang sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa diantaranya dari 10 siswa mengikuti proses belajar mengajar terdapat 9 siswa yg tuntas atau 90% yang di katakan berhasil mecapai KKM, sedangkan siswa yang tidak tuntas terdapat 1 orang atau 10%. Dengan demikian model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa di kelas IV SDN Nusa Ambu Kabupaten Halmahera Timur.

 

Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan.


Teks Lengkap:

32-39 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v12i1.8201

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id