PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA MENGGUNAKAN METODE KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 48 KOTA TERNATE

Dwi Widyastuti Nurharyanto, Iwan Abdy

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kurangnya keterampilan berbahasa dengan fokus membaca mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 48 Kota Ternate. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan berbahasa dengan fokus membaca pada siswa kelas IV SD Negeri 48 Kota Ternate, siswa mampu memahami dan mengidentifikasi isi teks bacaan serta menyajikan ulang informasi yang didapat dari teks bacaan tersebut menggunakan kalimat sediri dengan baik. Penelitian ini menjadi bagian dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Negeri 48 Kota Ternate melalui metode komparasi atau perbandingan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus I dan Direct Learning pada siklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata Pelajaran bahasa Indonesia kelas IV. Hal ini terbukti dari data hasil belajar 25 orang siswa pada pra siklus dengan ketuntasan 11 orang siswa (44%), siklus I dengan ketuntasan 23 orang siswa (92%), siklus II dengan ketuntasan 19 orang siswa (76%).

 

Kata Kunci: keterampilan berbahasa, kemampuan membaca, model pembelajaran

 


Teks Lengkap:

40-50 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v12i1.8202

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id