PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI PADA SISWA KELAS V SDN 4 TIDORE KEPULAUAN

Rasmi Hi Panu, Eko Purnomo

Sari


Guru memiliki kesulitan dalam menerapkan konsep IPA Biologi, model pembelajaran problem possing diharapkan menjadi solusi untuk membangun pengetahuan siswa dari pertanyaan yang disusun dengan isu sederhana yang disampaikan guru sehingga rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa menjadi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran problem possing sebagai upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi pada siswa kelas V SDN 4  Tidore Kepulauan. Hasil penelitian menunjukkan Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan haasil belajar antara siklus I dengan siklus II. Berdasarkan analisis ketuntasan klasikal hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 61,1% atau 11 siswa yang tuntas dan 7 siswa yang tidak tuntas dengan presentasi 38,9%. Sedangkan, pada siklus II terdapat peningkatan yaitu siswa yang tuntas 94,4 % atau 17 siswa dan 1 siswa yang tidak tuntas dengan presentasi 5,6 %. Hal ini disebabkan pada siklus I siswa masih kaku dengan model pembelajaran Problem Possing yang merupakan cara belajar baru bagi mereka sedangkan pada siklus II siswa sudah menguasai alur model pembelajaran Problem Possing ini sehingga mereka lebih aktif dan dapat dengan mudah menerima arahan dan petunjuk dari guru.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Possing, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

51-64 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v12i1.8203

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id