ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KAWALO

Rahmiwati Salamet, Edwar Sangaji

Sari


Penelitian ini adalah adanya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kawalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman, faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kawalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kawalo dengan jumlah siswa 38 siswa dapat ditarik kesimpulan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan kategori cukup dengan nilai (71-80) terdapat 6 siswa yang mencapai dengan angka persentasi (21,42%) sedangkan siswa yang kategori kurang dengan nilai (61-70) yaitu berjumlah 17 siswa angka persentasi (50%) dan siswa dengan kategori sangat kurang dengan nilai (60) terdapat 15 siswa yang mencapai dengan angka persentasi (28,57%). Kesimpulannya yaitu dapat dikatakan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kawalo tergolong kurang. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman antara lain: 1) faktor psikologis, faktor ini meliputi minat, motivasi, emosi dan percaya diri 2) faktor lingkungan, faktor ini meliputi latar belakang dan pengalaman siswa di rumah dan perhatian orang tua, 3) faktor fisiologis, faktor ini mencakup kondisi atau kesehatan fisik, gangguan pada alat bicara, alat pendengar, dan alat penglihatan.

Teks Lengkap:

47-54 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v12i2.9944

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id

Â