SOSIALISASI GERAKAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) DI SEKOLAH

Liasari Armaijn, Dewi Darmayanti

Abstract


Program pengabdian ini dilaksanankan dalam rangka mendukung kegiatan pada hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sedunia yakni 14-15 Oktober di SDIT Al Bina Ternate. Sasaran peserta adalah 130 orang anak Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Albina kelas 2 dan 3. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan tahapan kegiatan yang dimulai dari pembekalan guru tentang PHBS di sekolah khususnya tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Selanjutnya dilakukan kegiatan sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di sekolah bertepatan dengan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia.  Diawali dengan deklarasi oleh SDIT Albina kemudian demonstrasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)  kemudian praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) oleh siswa/siswi SDIT Albina. Tujuan dari kegiatan ini adalah Peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru dan siswa di SDIT Albina tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), yang diharapkan dapat menggerakkan keluarganya masing-masing secara mandiri untuk pencegahan penyakit menular melalui Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sehingga kejadian penyakit menular di sekolah dan keluarga menurun dan kualitas hidup masyarakat meningkat.


References


Lestari, A.O. 2019. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap perilaku Cuci tangan Pada Masyarakat KelurahanPegirian, Jurnal Promkes 7(1) :1-11.

Mustikawati, I.S. 2017. Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Studi Kualitatif pada Ibu-Ibu di Kampung Nelayan Muara Angke Jakarta Utara; Studi Kualitatif , Arkesmas 2(1) :115-125.

Permenkes RI. 2011. Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Pusat Promosi Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Hasil Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v4i2.2148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License