PELATIHAN MENDELEY KEPADA DOSEN DAN MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS KHAIRUN

Witono Hardi

Abstract


Pada saat ini sebuah topik penelitian tidak bisa berdiri sendiri. Tetapi harus didukung oleh penelitian-penelitian sebelumnya. Sehingga terbentuk sebuah "road map" penelitian yang berkaitan satu sama lain. Dan akan membuka peneliti di masa depan untuk ambil bagian di tempat yang belum dilakukan penelitian atasnya. 


Cara melakukan citasi atas sebuah penelitian lain harus difahami oleh seorang peneliti. Hal ini karena citasi ini sangat diperlukan atas sebuah tulisan. Oleh karena itu sebuah citasi harus dilakukan dengan paraphrase yang baik agar tidak meng"copy paste"begitu saja dan harus mencantumkan dengan benar di daftar pustaka sehingga akan memberi keuntungan bagi diri maupun peneliti yang karyanya dicitasi.


Telah dilakukan pelatihan melakukan citasi dan pembuatan daftar pustaka dengan MENDELEY untuk dosen dan mahasiswa di Universitas Khairun. Penggunaan Mendeley ini sudah direkomendasi oleh kemenristekdikti dan menggunakan buku tutorial yang diterbitkannya. Dengan melakukan citasi dan pembuatan daftar pustaka memakai Mendeley akan memberikan keuntungan yaitu karya tulis ilmiah menjadi lebih terstruktur, menambah index bagi peneliti yang karyanya kita citasi karena terhubung secara online. Diharapkan semua civitas akademik baik dosen dan mahasiswa di lingkungan Universitas Khairun akan mendapat pencerahan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas karya tulis ilmiah yang dihasilkan.

Kata kunci : citasi, daftar pustaka, mendeley, online, road map




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v4i1.2171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License