MEDIA KOMUNIKASI MITIGASI BENCANA ALAM DALAM SITUASI TANGGAP DARURAT PANDEMI COVID-19

Firdawaty Marasabessy, Sudarman Samad

Abstract


Pada masa Pandemi Covid-19 saat ini yang melanda dunia, masyarakat dituntun harus taat dan patuh pada protokol kesehatan yang dicanangkan oleh WHO. Protokol kesehatan yang menganjurkan untuk menjaga kesehatan, pembatasan interaksi fisik dan sosial serta tetap berada di rumah menjadi dilematis warga ketika nanti menghadapi bencana gempa bumi, tsunami, maupun jenis bencana alam lainnya. Bencana global Pandemi Covid-19 ini memberikan perubahan besar bagi aktivitas kita sehari-hari dan lebih mawas diri terhadap kesehatan. Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan tata cara pelaksana evakuasi bencana gempabumi dan tsunami di masa Pandemi Covid-19. Kegiatan ini dalam bentuk memanfaatkan media komunikasi visual dengan mengacu pada standar protokol kesehatan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan pedoman tata cara evakuasi bencana dari Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB). Di wilayah Maluku Utara, selama masa pandemi ini sudah mengalami tujuh kali gempa bumi dengan kekuatan diatas 5 SR. Ini membutuhkan keseriusan dari pemerintah untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam pada masa Pandemi Covid-19. Media online pada masa pandemi Covid-19 ini menjadi alternatif promosi atau iklan layanan masyarakat untuk mengedukasi masyarakat.


References


Badan Nasional Penaggulangan Bencana. 2018. Panduan Kesiapsiagaan Bencana Untuk Keluarga. [diakses www.siaga.bnpb.go.id tgl. 2 Februari 2020].

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 2018. Katalog Tsunami Indonesia Tahun 416- 2018. [diakses www.cdn.bmkg.go.id tgl. 2 Februari 2020].

_________________. 2020. Panduan Langkah Evakuasi Darurat Peringatan Dini Gampabumi dan Tsunami dalam Situasi Covid-19. [diakses www.bmkg.go.id tgl. 3 Februari 2020].

Lumintang, V.G., Pasau, G., Tongkukut, S.H.J. 2015. Analisis Tingkat Seismisitas dan Tingkat Kerapuhan Batuan di Maluku Utara, Jurnal Ilmiah Sains, Vol. 15, No.2, p.94-98.

Kementrian Kesehatan. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. [diakses www.kemenkes.go.id tgl. 3 Februari 2020].

Ningrum, R.W., 2011, Analisis Probabilitas Seismic Hazard Untuk Daerah Kepulauan Maluku. Tesis. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Nugraha, A.D., Shiddiqi, A.S., Widiyantoro, S., Puspito, N.T., Triyoso, W., Wiyono, S., Daryono., Wandono., Rosalia, S. 2017. Hypocenter Relocation of Earthquake Swarm in West Halmahera, North Molucca Region, Indonesia by using Double-Difference Method and 3D Seismic Velocity Structure. Journal Earth and Environment Science, Vol. 62: p.1-4.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v4i1.2823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License