Pelatihan Pemanfaatan Tumbuhan Obat Lokal Lampung untuk Siswa SMK Farmasi Khalifah Bangsa Kota Metro

Yudiyanto Yudiyanto, Nasrul Hakim, Asih Fitriana Dewi, Halimah Sa;diyah, Siti Soleha

Abstract


Potensi sumberdaya alam tumbuhan obat sangat menjanjikan, dan jika dimanfaatkan dengan baik dapat bernilai tinggi bagi dunia pengobatan dan juga bernilai secara ekonomi. Akan tetapi, minat generasi muda untuk mempelajari tumbuhan obat sebagai warisan pengobatan tradisional sangat kurang. Kebanyakan generasi muda dalam hal ini siswa SMK tidak banyak yang memahami tentang tumbuhan apa saja yang dapat dimanfaatkan sebagai obat di sekitar mereka. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan  pengetahuan siswa tentang bagaimana bagaimana cara memanfaatkan tumbuhan obat yang meliputi: bagian yang digunakan, bagaimana cara meracik dan berbagai macam penyakit yang dapat disembuhkan. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya kesadaran siswa untuk memanfaatkan tumbuan obat, meningkatnya pengetahuan serta memiliki pengalaman empirik tentang pemanfaatan tumbuhan obat.     


References


Desuciani, A (2012). Etnobotani Pangan dan Obat Masyarakat Sekitar Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman (studi kasus pada suku Lampung pesisir) Tesis. IPB. Bogor.

Evizal, L. Setyaningrum (2013). Keragaman Tumbuhan dan Ramuan Etnomedisin Lampung Timur. Prosiding Semirata FMIPA. Unila. Hal. 279-289

Jumiarni, Komalasari (2017). Eksplorasi Jenis dan pemanfaatan Tumbuhan Obat pada Suku Muna di Pemukiman Kota Muna. Jurnal Trad.Med. J Vol. 22, No.1 Hal: 45-56.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [online] diakses di http://kbbi.web.id/obat diakses pada agustus 2019.

Kinho, J. Arini, (2011). Tumbuhan Obat Tradisional di Sulawesi Utara Jilid I. Manado. Balai Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Kementerian Kehutanan.

Sada, J.T. Tanjung. (2010). Keragaman Tumbuhan Obat Tradisional di Kampung Nansfori Distrik Supiori Utara, Papua. Jurnal Biologi Papua Vol.2 No.2. Hal; 36-49

Team Lembaga Penjamin Mutu IAIN Sunan Ampel 2008.

Wahyudi, D., Hakim, N., & Rofii, A. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Ceringin Asri Dalam Mengembangkan Potensi Desa. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 20-35. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/2176

Yudiyanto. Yudistira, E. (2020). Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Masyarakat Suku Lampung di Sekitar Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur. Laporan Penelitian. IAIN Metro.




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v5i1.2862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License