PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE INTERAKTIF BERBASIS CHATBOT UNTUK GURU SMA/SMK DI KOTA BANDUNG

Ana Rahma Yuniarti, Munawir Munawir, Wirmanto Suteddy, Raditya Muhammad, Mochamad Iqbal Ardimansyah

Abstract


Grafik kasus COVID-19 yang masih fluktuatif dan tak kunjung usai, membuat pembelajaran secara online memasuki titik jenuh. Berdasarkan hasil survei terhadap 28 guru Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bandung, diketahui bahwa 57% mengalami kendala saat pembelajaran online. Interaksi yang terbatas antara guru dan murid saat pembelajaran online menjadi pangkal permasalahan. Aktivitas tanya-jawab antara murid dan guru menjadi tidak seleluasa ketika pembelajaran di kelas karena beberapa hambatan seperti: kualitas internet yang tidak merata, keterbatasan ruang dan waktu, serta tingkat pemahaman murid dan kualifikasi guru yang beragam. Salah satu solusi yang diusulkan adalah adanya media pembelajaran online berbasis interaktif yang mampu mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Untuk itu, dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pelatihan pembuatan media pembelajaran online interaktif dengan memanfaatkan teknologi chatbot kepada para guru SMA dan SMK di Kota Bandung. Pelatihan dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom dimana peserta mendengarkan pemaparan materi dari narasumber sekaligus praktik langsung cara mengkonfigurasi chatbot sebagai media belajar sesuai kebutuhan. Didapatkan hasil bahwa 82,14% peserta menyatakan bahwa pelatihan berguna bagi mereka serta mengharapkan pelatihan sejenis dapat diselenggarakan kembali ke depannya untuk meningkatkan kapabilitas mereka agar dapat mengimbangi pesatnya perkembangan teknologi di zaman yang serba canggih ini

References


Aulia, F. M., Sudarma, M., & Suyadnya, I. M. (2019). Pemanfaatan Instant Messaging Untuk Aplikasi Pembelajaran Membaca Al-Quran Dengan Metode Tsaqifa. SINTECH Journal, 2(1), 24-32.

Dutta, D. (2017). Developing an Intelligent Chat-bot Tool to Assist High School Students for Learning General Knowledge Subjects. Atlanta: Georgia Institute of Technology.

Gunawan, L. N., Anjarwirawan, J., & Handojo, A. (2018). Aplikasi Bot Telegram Untuk Media Informasi Perkuliahan Program Studi Informatika-Sistem Informasi Bisnis Universitas Kristen Petra. Jurnal INFRA, 6(1), 134-139.

Irwantoro, N., Yusuf, S., & Muttafaqur, R. (2016). Kompetensi pedagogik untuk peningkatan dan penilaian kinerja guru dalam rangka implementasi kurikulum nasional. Jakarta: Magenta Media.

[Kemdikbud] Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan COVID-19 di lingkungan Kemendikbud.

[Kemdikbud] Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan.

Kiptonui, B. P. (2013). Chatbot technology: A possible means of unlocking student potential to learn how to learn. Educational Research, 4(2), 218-221.

[Permendiknas] Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Pujiastuti, S. (2020, July 03). Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan Anak. Inspirasi untuk Kebijakan. SKH Kedaulatan Rakyat. Diunduh 2021 Mei 12, Tersedia pada https://surveymeter.org/id/node/568

[UU RI] Undang-Undang Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen




DOI: https://doi.org/10.33387/pengamas.v5i2.4411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2622-383X || PengaMAS Stats:

pengaMAS Indexing:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License