Rancang Bangun Sistem Visi Terkendali Untuk ROV

Fahri D Marajabesi, Iis Hamsir Ayub Wahab, Achmad Prajudin Sardju

Abstract


ROV (Remotely operated vehicle) merupakan perangkat yang mampu melakukan pergerakan dan eksplorasi dibawah laut yang dikendalikan dengan sistem pengkontrol. Namun, penelitian wahana bawah air (dalam laut) sampai saat ini masih kurang berkembang di Maluku Utara khususnya di Ternate. Sistem visi ROV terkendali adalah pandangan ROV dengan menggunakan kamera sebagai perangkat untuk pengambilan gambar atau video ekplorasi objek bawah laut, seperti pemetaan, survei, pemotretan bawah air, riset, dan misi penyelamatan, yang akan digunakan oleh SAR dan di kendalikann menggukan joystick. Oleh karena itu diharapkan sebuah ROV dapat membantu dalam monitoring dan eksplorasi bawah air.

Pada penelitian ini akan membahas bagaimana cara mengendalikan sistem visi ROV di dalam laut. Kamera pada ROV sangat berguna untuk membantu operator dalam mengendalikan sebuah ROV ketika ROV tersebut sudah tidak tampak dari atas permukaan air serta membantu operator dalam mengamati kondisi atau keadaan bawah air dengan kedalaman tertentu, dari permukaan air laut dan mikrokontroler yang akan menerima dan memproses data yang akan menampilkan gambar maupun video di layar komputer. 

Tujuan penelitian ini adalah dimana untuk merancang sistem visi ROV Terkendali dengan kamera webcam dan kontrol menggunakan joystick sebagai suatu kesatuan dari robot bawah air sendiri yang nantinya dapat digunakan untuk mengetahui kondisi atau keadaan bawah air dengan kedalaman tertentu.


Keywords


Sistem Visi Rov Terkendali, Kamera Webcam, Arduino Uno, Motor Servo, Joystick.

References


Amado-Filho, G. M. et al. 2012. “Occurrence and Distribution of Rhodolith Beds on the Fernando de Noronha Archipelago of Brazil.†Aquatic Botany 101(August):41–4.

Anggie Riswandanu. 2010. “Deteksi Objek Menggunakan Kamera Dengan Pendekatan Neural Network Pada Robot Soccer Field.â€

Christ, Robert D., Robert L. Wernli, and Sr. 2011. The ROV Manual: A User Guide for Observation Class Remotely Operated Vehicles. Oxford, UK: Butterworth-Heinemann.

Dr.Ir. Djoko Purwanto and M. Eng, Rudy Dikairono, ST.,MT, Andre Sentosa. 2016. “Rancang Bangun Kendali Jarak Jauh Robot Servis Berbasis Internet of Things.†5(2).

Ferdy Irawan, Andik Yulianto. 2016. “Perancangan Prototype Robot Observasi Bawah Air Dan Kontrol Hovering Menggunakan Metode PID Kontrol.†1(June 2015).

Fillinger, L. and T. Funke. 2013. “A New 3D Modelling Method to Extract Sub Transect Dimensions from under Water Videos.†Ocean Science 9(2):461–476.

Fina Supegina, Indriyanus Manalor, Yudhi Gunardi. 2014. “Perancangan Telerobotika Sederhana Dengan Kamera Wi-Fi.†20:115–22.

Hollanda Arief Kusuma. 2012. “Rancang Bangun Mini Remotely Operated Vehicle (ROV) Untuk Eksplorasi Bawah Air.â€

Ludvigsen, M., B. Sortland, G. Johnsen, and H. Singh. 2007. “Applications of Geo- Referenced under Water Photo Mosaics in Marine Biology and Archaeology.†Oceanography 4(20):140–149.

Made Santo Gitakarma, Ketut Udy Ariawan, Nyoman Arya Wigraha. 2014. “Alat Bantu Survey Bawah Air Menggunakan AMOBA , Robot Berbasis ROV.†3(2).

Nurul Zainal Fanami dan Felix Veven D.C. 2015. “Sistem Pengambilan Data Gambar Menggunakan Kamera Serial Pada Muatan Roket.†2:205–12.

Shafrullah & Rozeff Pramana. 2017. “Perancangan Sistem Monitoring Pada Rov Mengunakan Raspberry Pi Untuk Eksplorasi Bawah Laut.†1–15.

Singh, H., C. Roman, O. Pizarro, R. M. Eustice, and A. Can. 2007. “Towards High- Resolution Imaging from under Water Vehicles.†The International Journal of Robotics Research 1(26):55–74.

Sunu Arsy Pratomo , Bustanul Arifin, Agus Suprajitno. 2010. “Alat Pendeteksi Kadar Garam Air Salinitas Pada Tambak Udang Berbasis Mikrokontroler At Mega 8535.â€

Yoerger, Dana et al. 2007. “Autonomous and Remotely Operated Vehicle Technology for Hydrothermal Vent Discovery, Exploration, and Sampling.†Oceanography 20(1):152–61.

Zaenal Husin, Beta Firmansyah, Edy Lazuardi and Nilam Nurhasanah Abdy Prasetyo. 2014. “Studi Awal Perancangan Prototipe Remotely Operated Vehicle ( ROV ).†1(2):31–36.




DOI: https://doi.org/10.33387/protk.v6i1.1016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 fahri d marajabesi





Editorial Office :
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Department of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. Universitas Khairun.
Address: Jusuf Abdulrahman 53 Gambesi, Ternate City, Indonesia.
Email: protek@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6282292852552
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek