Game Edukasi Mitigasi Bencana Kebakaran Berbasis Android

Siti Martatiani Muyasaroh, Endah Sudarmilah

Abstract


Kebakaran sering terjadi karena merupakan peristiwa yang terjadi akibat api yang membesar, penyebabnya bisa karna faktor manusia, teknis atau bencana alam sebagai warga Indonesia harus mampu mengurangi resiko terjadinya bencana. Salah satunya yaitu dari pendidikan dasar yang dimulai dari anak-anak bisa menjadi contoh yang baik untuk menanggulangi bencana. Tujuan dari penulis adalah membangun game edukasi mitigasi kebakaran berbasis android yang memenuhi syarat dalam edukasi pada anak usia dini untuk mengurangi resiko terjadinya kebakaran. Metode yang digunakan penulis yaitu menggunakan metode System Development life Cycle atau SDLC yang menggunakan model Waterfall. Edugame mitigasi bencana kebakaran yang berbasis android dengan nama Boim Sang Penakluk Api yang dibuat dengan Construct 2 dapat menambah pengetahuan tentang mitigasi bencana kebakaran. Serta berdasarkan dengan pengujian dengan menggunakan SUS (System Usability Scale) aplikasi berjalan tanpa ada kesalahan.

Keywords


Construct 2, Edugame, Mitigasi, Kebakaran

References


F. Rasyid, “Permasalahan dan Dampak Kebakaran Hutan,†J. Lingk. Widyaiswara, no. 4, pp. 47–59, 2014.

M. S. Khairy, D. Herumurti, and I. Kuswardayan, “Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab,†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. II, no. 2, pp. 42–48, 2016.

S. Warnars, “Game Information System,†Int. J. Comput. Sci. Inf. Technol., vol. 2, no. 3, pp. 135–148, 2010.

B. Darmanto and E. Sudarmilah, “Game Edukasi Dampak Pergaulan Bebas,†J. PROtek, vol. 3, no. 2, 2016.

E. Sudarmilah and D. I. Nurrahim, “EduGame Sejarah Islam Masuk Indonesia,†J. PROtek, vol. 3, no. 2, 2016.

C. B. S. Hansen and T. Bjoerner, “Designing an Educational Game: Design Principles from a Holistic Perspective,†Int. J. Learn., vol. 17, no. 10, 2010.

Y. Bassil, “A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle,†Int. J. Eng. Technol., vol. 2, no. 5, 2012.

J. Brooke, SUS - A quick and dirty usability scale. 1996.




DOI: https://doi.org/10.33387/protk.v6i1.1029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Editorial Office :
Protek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Department of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. Universitas Khairun.
Address: Jusuf Abdulrahman 53 Gambesi, Ternate City, Indonesia.
Email: protek@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6282292852552
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek

https://revistas.unilasalle.edu.br/

https://e-journal.unmas.ac.id/jia/

https://revue.umc.edu.dz/

https://pcient.uner.edu.ar/

https://www.showmanfurniture.com/contact-us/

https://www.sprinklersystemsofsanantonio.com/backflow-testing/

https://realestateofyubasutter.com/

https://www.michaelsmithmusic.com/

POSTOTO787

Slot777

POSTOTO787

POSTOTO787

POSTOTO787

POSTOTO787

POSTOTO787

mega888 android

mega888 ios

mega888 login

mega

pussy888

mega888

mega888

mega888 apk

mega888 ios

mega888 android

mega888 game

mega888 download

mega888 free credit

mega888 free test id

mega888 original

918kiss

pussy888

ntc33

joker123

xe88

ace333

mega888

mega888 download

mega888 ios

mega888 original

mega888 online casino

mega888 games

mega888

mega888

pussy888

918kiss

xe88

joker123

ntc33

mega888

918kiss

pussy888

joker123

xe88

ntc33

mega888

mega888 game

mega888 apk

mega888 apk

mega888

mega888

mega888 malaysia

mega888

mega888

mega888

mega888

mega888

mega888

mega888

pussy888

mega888 game

kiss918

kiss918

mega888 download

SLOT GACOR

BANDAR SLOT

SLOT QRIS

SLOT TERPERCAYA

GAMPANG MAXWIN

RTP GACOR

Slot777

Slot88

SITUS GACOR

12SPIN

12BET

12WIN

mega888

slot malaysia

CASINO JR

12SPIN

12SPIN

12SPIN

BANDAR SLOT

AGEN SLOT

BRI303

BRI303