Game Edukasi Mitigasi Bencana Gunung Meletus “Petualangan Guntur”

Fahmawati Nur Makrifah, Endah Sudarmilah

Sari


Indonesia memiliki kekayaan alam meliputi perairan dan daratan. Di daratan Indonesia, gunung memiliki banyak manfaat bagi keberlangsungan hidup manusia. Namun gunung juga memiliki permasalahan tersendiri. Ketika gunung mengalami erupsi, maka akan berdampak pada penduduk yang tinggal di sekitar gunung tersebut. Bencana memiliki dampak berupa kerusakan lingkungan, sehingga diperlukan penanggulangan bencana untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh bencana tersebut. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut yaitu dengan memberikan edukasi mengenai mitigasi. Mitigasi bencana sebaiknya dilakukan kepada semua orang yang bermukim di sekitar gunung dan juga masyarakat yang berpotensi menjadi korban bencana baik pada anak maupun pada orang dewasa Penulis ingin membuat sebuah gambaran mengenai mitigasi bencana melalui game edukasi tentang pengetahuan mengenai penanggulangan bencana gunung api secara dini (untuk anak usia 10-11 tahun) berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode SDLC dengan model waterfall. Hasil penelitian ini ini berupa sebuah game edukasi mitigasi bencana gunung meletus, yang didalamnya terdapat berbagai fitur untuk dimainkan oleh siswa dibangun menggunakan construct 2 yang dapat dimainkan di mobile smartphone berbasis android dengan file berekstensi .apk. Game ini telah diuji menggunakan System Usability Scale (SUS) dan game dapat berjalan tanpa adanya kendala.

Kata Kunci


Gunung, Edukasi, Construct 2, Mitigasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. Pankoke, “Neue Robotertechnik bei Heembeton,” Betonw. und Fert. Plant Precast Technol., vol. 74, no. 5, pp. 22–29, 2008.

B. Pranggono, “Percikan sains dalam Al Quran: menggali inspirasi ilmiah.” pp. 39–40, 2005.

W. Asriningrum, H. Noviar, P. Bidang, A. Sistem, P. Bidang, and P. Data, “PENGEMBANGAN METODE ZONASI DAERAH BAHAYA,” vol. 1, no. 1, pp. 66–75, 2004.

Rahayu, D. P. Ariyanto, Komariah, S. Hartati, J. Syamsiyah, and W. S. Dewi, “Dampak Erupsi Gunung Merapi Terhadap Lahan Dan Upaya-Upaya Pemulihannya,” Caraka Tani -Jurnal Ilmu-ilmu Pertan., vol. XXIX, no. 1, pp. 61–72, 2014.

Paidi, “Pengelolaan manajemen risiko bencana alam di indonesia,” Widya, vol. Nomor 321, no. 83, p. 37, 2012.

H. P. Putra and R. Aditya, “Pelatihan mitigasi bencana kepada anak anak usia dini,” J. Inov. dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 2, pp. 115–119, 2014.

K. N. Fathiyah, “Berbagai Faktor Penentu Penyesuaian Psikologis,” Paradigma, pp. 25–42, 2013.

J. C. Beck and M. Wade, “Got game,” Harvard Bus. Sch. Press, 2004.

E. Swing, A. Pain, D. A. Gentile, and C. A. Anderson, Handbook of Research on Effective Electronic Gaming in Education, no. October 2016. 2010.

D. I. Nurrahim and E. Sudarmilah, “EduGame Sejarah Islam Masuk Indonesia,” Protek J. Ilm. Tek. Elektro, vol. 03, no. 2, 2016.

J.C. Villaz and S. Albaj, Strategy2D : Turn-based Strategy Video Game Engine for Mobile Devices, no. November. 2014.

H. Supriyono, R. F. Rahmadzani, M. S. Adhantoro, and A. K. Susilo, “RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAME EDUKATIF PENGENALAN AKSARA JAWA ‘ PANDAWA ,’” Publ. Ilm., pp. 1–12, 2016.

J. Brooke, SUS - A quick and dirty usability scale. 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/protk.v6i1.1034

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Raya Pertamina - Gambesi Kec. Ternate Selatan Kota Ternate, Indonesia. 
Email : protek@unkhair.ac.id

Copyright @2016 PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro p-ISSN 2354-8924 | e-ISSN 2527-9572

Creative Commons License

 View PROtek Stats