Rancang Bangun Robot Beroda dengan Object Tracking Sebagai Dasar Pengendalian Gerakan Robot

Ratnasari Nur Rohmah, Laksono Budi Prianggodo

Abstract


Penelitian ini merancang-bangun  robot beroda dengan metode object tracking sebagai pengendali gerakan robot. Object tracking dilakukan dengan mengenali obyek yang akan diikuti, mengukur beberapa parameter obyek yang akan dijadikan dasar pengendalian, dan mengatur gerakan obyek berdasar analisa parameter yang terukur. Pada penelitian ini, Raspberry pi dengan library Open CV menjadi sebuah unit komputer serta microcontroller yang melakukan proses pengolahan citra sekaligus mengendalikan pergerakan pada robot. Pengenalan obyek melibatkan proses akuisi citra, penapisan warna obyek, dan pengenalan bentuk obyek. Akuisisi citra dilakukan dengan modul kamera Raspberry pi, sedangkan penapisan warna dari citra terakuisisi dilakukan dengan mengambil fitur dari citra dalam ruang warna HSV. Obyek  yang dijejaki pada penelitian ini adalah obyek berbentuk bola dan pengenalan bentuk bola dilakukan dengan circle Hough transform. Sedangkan pengendalian gerakan robot didasarkan pada perbandingan fitur referensi, yang berupa ukuran bola dan posisi bola saat bola dikenali, dengan fitur terukur setelah adanya pergerakan bola. Uji coba pada sistem yang dikembangkan memperlihatkan kinerja sistem telah berjalan seperti yang direncanakan. Robot dapat melakukan penjajakan terbaik pada citra dengan resolusi 320x240 piksel, dan memiliki jarak pandang maksimum 113 cm, dan mengenali obyek sampai pada intensitas cahaya minimum 21,1 lux. Sedangkan kecepatan maksimal perpindahan benda yang masih dapat diikuti adalah 22,6 cm/detik.

Keywords


object tracking; pengendalian gerakan; robot beroda; Raspberri Pi.

References


REFERENCES

Kragic, D., Christensen, H.I. 2011. Survey on Visual Servoing for Manipulation: Centre forAutonomous Systems. Numerical Analysis and Computer Science.

Marchand, E. 2007. Control Camera and Light Source Positions using Image Gradient Information. IEEE Int. Conf. on Robotics and Automation. 417 – 422.

Ikwuagu, E. 2011. Design Of An Image Processing Algorithm ForBall Detection. Computing Research Association.

Sural, S., Qian, G., Pramanik, S. 2002. Segmentation and histogram generation using the HSV color space for image retrieval. Proceedings of IEEE International Conference on Image Processing. 589-592.

Yustinus, P. 2012. Rancang Bangun Aplikasi Pendeteksi Bentuk Dan Warna Benda Pada Mobile Robot Berbasis Webcam. Academia.




DOI: https://doi.org/10.33387/protk.v3i2.45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ratnasari Nur Rohmah, Laksono Budi Prianggodo





Editorial Office :
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro
Department of Electrical Engineering. Faculty of Engineering. Universitas Khairun.
Address: Jusuf Abdulrahman 53 Gambesi, Ternate City, Indonesia.
Email: protek@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6282292852552
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View Stat Protek