Pelayanan Informasi Tujuan Wisata Berbasis Semantik

Kadek Dwi Pradnyani Novianti

Sari


Kunjungan wisatawan ke Bali tercatat meningkat setiap tahunnya. Peningkatan jumlah wisatawan ini dibarengi dengan pemanfaatan media promosi secara maksimal yang digunakan untuk dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Salah satunya menggunakan pemanfaatan teknologi berupa e-tourism. E-tourism memiliki tiga kategori yaitu pelayanan informasi, pelayanan transaksi dan pelayanan komunikasi. Dalam hal pelayanan informasi masih sangat sulit bagi seorang wisatawan untuk mengumpulkan informasi mengenai tempat wisata yang ingin dikunjunginya. Banyak waktu dan biaya yang diperlukan untuk membuka satu persatu informasi yang diperoleh dari banyak alternatif situs sebagai hasil pencarian informasi. Dalam upaya mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan semantic web dan ontologi sebagai representasi informasi pada sistem temu kembali informasi pariwisata yang ada di daerah Bali. Semantic web memungkinkan pencarian informasi menjadi lebih cerdas dan efisien. Semantic web bekerja dengan mengidentifikasi makna dari setiap kata kunci yang dimasukan oleh pengguna, lalu melakukan pencarian ke dalam ontologi sebagai representasi pengetahuan yang digunakan. Sistem ini secara khusus ditujukan untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Bali agar memperoleh informasi yang lebih relevan mengenai daerah wisata yang ingin dikunjungi.

Kata Kunci


web semantik, pelayanan informasi, e-tourism, ontologi

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33387/protk.v5i1.577

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Raya Pertamina - Gambesi Kec. Ternate Selatan Kota Ternate, Indonesia
 
Email : protek@unkhair.ac.id

 View PROtek Stats