Rancang Bangun Lampu Otomatis Menggunakan PLC Omron CP1E 30SDRA

Muhammad Irsal Syarbin

Sari


Pengendalian pada alat-alat listrik khususnya lampu atau penerangan merupakan hal yang sangat penting dalam pengelolahan energi dalam suatu tempat, misalnya saja di rumah, gedung perkantoran ataupun area lainnya yang lebih luas dan mempunyai banyak lampu. Otomatis atau pengendalian terhadap suatu komponen elektronik ataupun listrik menjadi sangat penting di masa sekarang ini dimana koefisien dan kecepatan dituntut dalam segala bidang agar tercapai suatu sistem yang handal serta memudahkan dalam penggunaannya. Misalnya saja pada suatu sistem pengendalian lampu pada suatu gedung atau rumah.

Dengan adanya perancangan penerangan lampu yang secara manual, diubah menjadi sistem penerangan secara otomatis, perancangan sistem lampu otomatis menggunakan PLC CP1E 30SDRA 18 input dan 12 output, dengan sistem kerja yang mendeteksi gerakan manusia dengan menggunakan sensor gerak EVACO RS8B sebagai saklar untuk menyalakan lampu.

Perancangan lampu otomatis di Laboratorium Komputer dapat dioperasikan dan dapat mendeteksi gerakan dengan jarak maksimal 6 meter.


Kata Kunci


kontrol, PLC, Lampu, Otomatis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Herlan. (2009). Perancangan Pengatur Lampu Otomatis untuk Penghemat Energi Berbasis. Perancangan Pengatur Lampu Otomatis Untuk Penghemat Energi Berbasis, 57–62.

Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2010). Smart Home System, 5–35.

Kurniawan, M. S., Setiawan, I., & Triwiyatno, A. (2012). Perancangan Simulasi Supervisory Control and Data Acquisition pada Prototipe Sistem Listrik Redundant. Ejournal.Undip.Ac.Id, 14(1), 7–12.

Mikro, S., Keausan, D. A. N., Rem, B., & Api, K. (2014). PROTOTYPE SISTEM PENERANGAN LAMPU OTOMATIS MENGGUNAKAN DS 1307 BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendid, 7, 78–87.

Omron. (2009). The CP1E Programmable Controller : Economical , Easy to use , and Efficient. OMRON Corporation, 60, 1–50.

Zain, R. H. (2013). Sistem Keamanan Ruangan Menggunakan Sensor Passive Infra Red (PIR) Dilengkapi Kontrol Penerangan Pada Ruangan Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 Dan Real Time Clock Ds1307. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendid, 6(1), 45–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/protk.v5i2.743

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Raya Pertamina - Gambesi Kec. Ternate Selatan Kota Ternate, Indonesia
 
Email : protek@unkhair.ac.id

 View PROtek Stats