ANALISA DIAGRAM FUNDAMENTAL RUAS JALAN POROS PINRANG-POLMAN

Muhammad Ihsan, Suryani Syahrir, Eris Nur Dirman, Ariandi Ariandi, Sarif Sarif

Sari


Penelitian ini mencoba menganalisa karakteristik lalu lintas jalan pada ruas Pinrang-Polman KM.15 dan membandingkan dengan model fundamental kecepatan-arus-kerapatan sebagaimana yang diusulkan oleh Greenshield, Greenberg dan Underwood. Hasil pengamatan menunjukkan nilai yang lebih mendekati model Greenshields dan Underwood dibandingkan model Greenberg


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


_____________,Undang Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, 2004

Rogers, M., Highway engineering, Blackwell Publishing, 2003

Putranto, L.S., Rekayasa Lalu Lintas, Edisi 3, Indeks, 2016

Tamin, O.Z., Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, ITB Bandung, 2003.

_____________, Pedoman Konstruksi dan Bangunan: Survai Pencacahan Lalu Lintas dengan cara Manual (Pd.T 19-2004-B). Direktorat Bina Teknik, Direktorat Jendral Tata Perkotaan dan Pedesaan, Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2004

_____________,Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan

Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997

Greenshields, B.D., A Study of Traffic Capacity, Proceeding of 14th Annual Meeting of Highway Research Board, Highway Research Board, Washington, 1934

Greenberg, H., Analysis of Traffic Flow, Operation Research, vol. 7, no. 1, 1959

Underwood, R.T., Speed, volume and density relationships, Quality and Theory of Traffic Flow, Bureau of Highway Traffic, Yale, 1961




DOI: https://doi.org/10.33387/sipilsains.v9i17.1090

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :

Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter