ANALISA DIAGRAM FUNDAMENTAL RUAS JALAN POROS PINRANG-POLMAN
Sari
Penelitian ini mencoba menganalisa karakteristik lalu lintas jalan pada ruas Pinrang-Polman KM.15 dan membandingkan dengan model fundamental kecepatan-arus-kerapatan sebagaimana yang diusulkan oleh Greenshield, Greenberg dan Underwood. Hasil pengamatan menunjukkan nilai yang lebih mendekati model Greenshields dan Underwood dibandingkan model Greenberg
Teks Lengkap:
PDFReferensi
_____________,Undang Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, 2004
Rogers, M., Highway engineering, Blackwell Publishing, 2003
Putranto, L.S., Rekayasa Lalu Lintas, Edisi 3, Indeks, 2016
Tamin, O.Z., Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, ITB Bandung, 2003.
_____________, Pedoman Konstruksi dan Bangunan: Survai Pencacahan Lalu Lintas dengan cara Manual (Pd.T 19-2004-B). Direktorat Bina Teknik, Direktorat Jendral Tata Perkotaan dan Pedesaan, Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2004
_____________,Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan
Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997
Greenshields, B.D., A Study of Traffic Capacity, Proceeding of 14th Annual Meeting of Highway Research Board, Highway Research Board, Washington, 1934
Greenberg, H., Analysis of Traffic Flow, Operation Research, vol. 7, no. 1, 1959
Underwood, R.T., Speed, volume and density relationships, Quality and Theory of Traffic Flow, Bureau of Highway Traffic, Yale, 1961
DOI: https://doi.org/10.33387/sipilsains.v9i17.1090
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.