FAKTOR PENTING KINERJA PELAKSANA KONSTRUKSI PADA SATKER PELAKSANAAN JALAN NASIONAL WILAYAH II PROVINSI MALUKU UTARA DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR KEPULAUAN

Edward Rizky Ahadian, Zulkarnaen K. Misbah, Munira Jamudin

Sari


Jasa konstruksi merupakan salah satu kegiatan bidang ekonomi yang mempunyai peranan penting dalam pencapaian berbagai sarana guna menunjang terwujudnya pembangunan nasional. Kegiatan konstruksi merupakan suatu proses yang panjang, di mana dalam pelaksanaannya banyak di jumpai masalah manajemen kinerja. Kinerja merupakan tolak ukur kemampuan suatu organisasi atau perusahan. Dalam meningkatnya persaingan usaha membuat manajemen untuk lebih memperhatikan kinerja. Kinerja dapat dikatakan sebagai suatu hasil yang di capai ketika mengerjakan pekerjaan. Berbagai kajian tersebut perlu ditindaklanjuti dengan penelitian yang lebih mendalam dan lengkap untuk memperoleh gambaran yang lebih lengkap dan akurat tentang faktor penting dalam kinerja pelaksana konstruksi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tingkat kepentingan dari indikator kinerja pelaksana konstruksi pada satker pelaksanaan jalan nasional wilayah II Provinsi Maluku Utara. Melalui gambaran tersebut dapat teridentifikasi faktor penting dalam kinerja pelaksana konstruksi yang selanjutnya dapat digunakan untuk merumuskan prioritas dalam upaya meningkatkan kinerja dari pelaksana konstruksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator paling penting secara keseluruhan dalam aspek kinerja pelaksana konstruksi adalah pengawasan dan pengendalian proyek dilakukan secara teratur pada aspek service dengan nilai mean 3,809. Hal ini dikarenakan kegiatan pengawasan dan pendendalian proyek dilakukan secara teratur merupakan salah satu bentuk jaminan agar proyek dapat berjalan dengan baik dan diselesaikan sesuai dengan biaya, mutu dan waktu yang telah ditetapkan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cristiawan, Dwi Albertus, 2013, Studi Mengenai Hubungan Karakterristik Dan Kinerja Perusahaan Kontraktor Kualifikasi Kecil Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Program Studi Magister Teknik Sipil, Program Pascasarjana, Universitas Atmajaya, Yogyakarta.

D.S Tanto, H Dwi Utomo Jati, O.K.Y. Frorencia, Fitriana Dewi, 2014, Pengukuran Kepuasan Kontraktor Terhadap Kinerja Klien Pada Proyek Konstruksi Swasta, Skripsi Program Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.

Hasyim, Sudarwin, 2016, Pengaruh Kualifikasi Kontraktor Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Kontruksi Di Kabupaten Halmahera Barat, Thesis Program Pascasarjana, Universitas Samratulangi, Manado.

Ichsan, Muhammad, 2015, Studi Kinerja Perusahaan Konstruksi Dalam Lingkup Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Skripsi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Jamudin, Munira, 2019, Kinerja Perusahaan Kontraktor Pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Maluku Utara, Skripsi (Tidak dipublikasi) Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Khairun, Ternate.

Radian, Riqi Khasani, 2013, Evaluasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Manajemen Proyek Kontraktor Besar Bangunan Gedung, Tesis Program Pascasarjana, Universitas Diponerogo, Semarang.

Soepeno, Bambang, 2002, Statistik Terapan, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Widodo, Iman, 2011, Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Perusahaan Mebel PT. Jansen Indonesia), Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/sipilsains.v10i18.1338

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter