ANALISA KINERJA RUAS JALAN TERHADAP AKTIVITAS PASAR BARU KOTA PROBOLINGGO (STUDI KASUS: JALAN PAHLAWAN KOTA PROBOLINGGO)

Moh Sulaiman, Dian Kusumaningsih

Sari


Masalah transportasi yang sering terjadi seperti kemacetan sudah menjadi masalah utama pada lalu lintas jalan raya, kemacetan lalu lintas disebabkan oleh ketidakseimbangan antara peningkatan kendaraan dan pertumbuhan prasarana jalan raya yang tersedia serta kapasitas efektif jalan raya, sehingga kinerja pada jalan raya agak begitu lambat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 untuk jalan perkotaan. Dengan menggunakan perhitungan perbandingan dengan hambatan samping atau tanpa hambatan samping. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh aktivitas pasar yang berupa hambatan samping menurunkan tingkat pelayanan arus jalan nilai volume arus (Q) yaitu dari kondisi eksisting tertinggi sebesar 1467 smp/jam pada senin pagi, sedangkan untuk volume arus terendah pada pagi terjadi pada hari rabu 932 smp/jam. Dengan menentukan nilai faktor penyesuaian kapasitas akibat hambatan samping dan lebar bahu jalan meningkat dari 0,85 mejadi 0,99.


Teks Lengkap:

10-17

Referensi


Amahoru,J.,Waas,R.H. dan Molle,G.T. (2020). Analisa Pengaruh Aktivitas Pasar Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Pantai Mardika Kota Ambon). Manumata: Jurnal Ilmu Teknik, 6(2), 72-82

Amania,R.N., (2020). Analisis Pengaruh Aktivitas Pasar Ranggeh Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Raya Bromo ke Gondang Wetan (Pasar Ranggeh)). Universitas Yudharta Pasuruan.

Hasibuan, D. Y. F. C., & Muttaqin, M. Z. (2021). Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Persimpangan Pasar Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara: Performance Analysis of Non Signal Intersection at Sibuhuan Market Intersection, Padang Lawas Regency, North Sumatra. Jurnal Saintis, 21(01), 53-60.

Hajia,M.C. (2022), Pengaruh Pasar Tradisional Terhadap Arus Lalu Lintas. Jurnal Simki Economic, 5(2), 166-171.

Imbir, L. O., & Monda, S. O. (2016). Analisa Kinerja Lalu Lintas Sepanjang Jalan Raya Abepura Jayapura Akibat Pelebaran Jalan. Jurnal Portal Sipil, 5(2), 18-33.

Maulana, N. (2020). Perbandingan Kinerja Ruas Jalan Sebelum Penerapan Sistem Satu Arah pada Tahun 2013 dan Sesudah Penerapan Sistem Satu Arah pada Tahun 2019 di Jalan Selokan Mataram-Babarsari. Universitas Islam Indonesia.

Putra, F. G., & Sari, Y. A. (2023). indonesia Analisis Pengaruh Pelebaran Jalan Terhadap Volume Lalu Lintas Di Kota Batam: Studi Kasus Jalan Sudirman. Pilar, 18(2), 62-69.

Sari, M. I. (2021). Pengaruh Pelebaran Ruas Jalan Terhadap Peningkatan Kinerja Lalu Lintas (Studi Kasus: Jalan Raya Lintas Pekanbaru-bangkinang) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Syaputra,R., Sebayang,S., dan Herianto,D. (2015). Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Lalu Lintas Jalan Nasional (Studi Kasus Jalan Proklamator Raya – Pasar Bandarjaya Plaza). Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain 3(3), 441-454.

Wulandari, F., Puspasari, N., & Handayani, N. (2018). Analisis Kinerja dan Pengaruh Pelebaran Jalan serta Pembuatan Median Jalan (Studi Kasus Jalan Temanggung Tilung Kota Palangkaraya): Analysis of Performance and Effects of Road Widening and Median Road Making (Case Study of Jalan Temanggung Tilung, Palangkaraya City). Media Ilmiah Teknik Sipil, 7(1), 51-60.




DOI: https://doi.org/10.33387/sipilsains.v15i2.8687

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :

Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter