KANDUNGAN AJARAN TAUHID DALAM SYAIR ‘AQĪDATU ’L-‘AWĀM

Dhini Yustia Widhyah Saputri

Abstract


Filologi adalah bidang studi yang menjadikan manuskrip dan teks sebagai bahan kajiannya. Filologi juga dimanfaatkan sebagai ilmu bantu untuk bidang ilmu lain, seperti; sastra, bahasa. agama, hukum, sejarah, dan pengobatan. Manuskrip yang menjadi bahan kajian filologi memiliki kriteria khusus, yaitu merupakan tulisan tangan dan berusia minimal lima puluh tahun. Sastra kitab adalah salah satu jenis manuskrip yang berisi ajaran agama. Syair ‘Aqīdatu ’l-‘Awām yang menjadi bahan penelian pada tulisan ini masuk dalam kategori sastra kitab. Tulisan ini memaparkan kandungan ajaran tauhid yang ada dalam Syair ‘Aqīdatu ’l-‘Awām. Ajaran tauhid yang terdapat dalam Syair ‘Aqīdatu ’l-‘Awām adalah dua puluh sifat Allah Swt, sifat jaiz Allah, para rasul Allah. Malaikat-malaikat Allah, kitab-kita Allah, dan hari akhir.


References


Asmuni, Y. (2000). Ilmu Tauhid. Jakarta: Lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan.

Behrend, T.E. (1998). Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan Ecole Française Dextreme Orient.

Djamaris, E. (2006). Metode Penelitian Filologi. Jakarta: CV Manasco.

Fathurahman, O. (2010). Katalog Naskah Dayah Tanoh Abee, Aceh Besar. Diterbitkan atas kerja sama: Penerbit Komunitas Bambu; Tokyo University of Foreign Studies; PPIM UIN Jakarta; dan PKPM Aceh.

Keraf, G. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Matdawam, M Noor. (1984). Pembinaan ‘Aqidah Islamiyah (Theologi Islam). Yogyakarta: Yayasan Bina Karier LPSBIP.

Nirwana, A. B. (2009). Ajaran Tauhid dalam ‘Aqīdatul ‘Awām Karya Syaikh Ahmad Marzūqī Al-Maliki Al-Makī: Analisis Terjemah dan Resepsi (tesis). Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Sudardi, B. (2003). Penggarapan Naskah. Surakarta: Badan Penerbitan Sastra Indonesia.

Sulaiman, B, et.al. (1983). Struktur Bahasa Aceh: Morfologi dan Sintaksis. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suryani, E. (2012). Filologi. Bogor: Ghalia Indah.

Sutaarga, Amir, et.al. 1972. Katalogus Koleksi Naskah Melayu Museum Pusat. Jakarta: Departemen P dan K.

Taufiq, A. (2007). Sastra Kitab. Surakarta: Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS.




DOI: https://doi.org/10.33387/tekstual.v22i1.8321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.