Dinamika Sosial Dalam Komunikasi Politik: Analisis Pragmatik Terhadap Strategi Bahasa di Indonesia

Syahrir Ibnu, Ghozul Azzam Abdurrahman, Athirah Rizki Salsabila

Abstract


Artikel ini mengkaji penggunaan strategi bahasa dalam komunikasi politik di Indonesia melalui perspektif pragmatik, dengan fokus pada tindak tutur, implikatur, framing, dan peran media sosial dalam membentuk opini publik. Dalam konteks komunikasi politik yang semakin kompleks, politisi memanfaatkan bahasa tidak hanya untuk menyampaikan informasi, tetapi juga untuk mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kebijakan dan calon pemimpin. Hasil analisis menunjukkan bahwa tindak tutur digunakan untuk membangun hubungan emosional dengan audiens, sementara implikatur memungkinkan politisi untuk menyampaikan pesan secara tersirat dan memengaruhi opini tanpa menyebutkan pihak tertentu secara eksplisit. Framing, sebagai alat untuk membentuk persepsi, terbukti efektif dalam menciptakan narasi yang mendukung kebijakan atau kandidat tertentu. Media sosial memperkuat pesan politik dengan mempercepat penyebaran informasi, meskipun juga memperburuk polarisasi politik dan memperbesar risiko disinformasi.


Full Text:

PDF

References


Adnan, M., & Mona, N. (2024). Strategi Komunikasi Politik melalui Media Sosial oleh Calon Presiden Indonesia 2024. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 15(1), 1-20. DOI: 10.14710/politika.15.1.2024.1-20

Alfiyani, N. (2018). Media sosial sebagai strategi komunikasi politik. Potret Pemikiran, 22(1). DOI: http://dx.doi.org/10.30984/pp.v22i1.762

Budiawan, R. Y. S. (2015). Kajian Sosio-Pragmatik Daya Pragmatik Tindak Tutur pada Baleho Partai Politik Nasional Demokrat (Nasdem) Yogyakarta. In PRASASTI: CONFERENCE SERIES (pp. 406-412).

Cangara, H. (2011). Komunikasi politik konsep, teori dan strategi.

Dan, N. (1989). Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan dan Media (Edisi Terjemahan oleh Tjun Surjaman). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamka, N. (2022). Language Policy and Planning: Diglossia in Indonesia. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(2), 295–301. https://doi.org/10.35326/pencerah.v8i2.1948

https://doi.10.34567/jbs.v8i1.1234

Huyler, D., & McGill, C. M. (2019). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, by John Creswell and J. David Creswell. Thousand Oaks, CA: Sage Publication, Inc.. New Horizons in Adult Education & Human Resource Development, 31(3).

Kisesa, F. F., Wuryaningrum, R., & Parto, P. (2024). Tindak Tutur Ilokusi dalam Podcast Politik pada Kanal Youtube Total Politik. Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(2), 26-38 DOI: https://doi.org/10.24815/jbs.v18i2.33851

Nurhayati, M. (2023). Komunikasi Politik dan Peran Media dalam Pemilihan Umum. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 1(2), 217-222.

Pratiwi, I. (2009) Hubungan Antara Iklan Partai Politik Di Televisi Dengan Sikap Pemilih Pada Pemilu 2009. Skripsi Thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

Traubhaar, J. D., LaRose, R., & Davenport, L. (2012). Media now: Understanding media, culture, and technology. Cengage Learning.

Wattimena, D., & Latuheru, R., (2021). Analisis Framing: Pemberitaan Kampanye Tiga Pasangan Calon Pilkada Maluku Periode Tahun 2018-2023 pada INews TV Ambon. KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.51135/kambotivol2issue1page16-25




DOI: https://doi.org/10.33387/tekstual.v22i2.9218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.