Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk TECHNO: JURNAL PENELITIAN?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Format Umum Penulisan
1. File tulisan yang masuk ke tim redaksi dalam bentuk Microsoft Word dengan tampilan halaman penuh (tanpa kolom), jenis huruf book antiqua 11 pts, ukuran kertas A4, dengan batas atas 3 cm, batas bawah 2 cm, batas kiri 2 cm, dan batas kanan 2 cm.

2. Jumlah halaman maksimum 10 lembar

3. peletakkan nomor halaman di bagian sudut bawah kanan

4. Sistematika isi paper terdiri dari: Judul, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, ucapan terima kasih (bila ada), dan daftar pustaka.

Judul

Jenis huruf Book antiqua 16 pts, maksimal 12 kata Bahasa Indonesia atau 10 kata dalam Bahasa Inggris, huruf Tebal (bold), 1 spasi, huruf pertama menggunakan huruf besar (kapital), ringkas, jelas, padat, dan informatif.

Data Penulis

Nama lengkap (seluruhnya menggunakan huruf besar), tanpa gelar, mencantumkan nama afiliasi / institusi, alamat surat elektronik penulis pertama (author correspondence), dicantumkan juga alamat surat elektronik penulis kedua, ketiga dan seterusnya.

PENULIS PERTAMA*1, PENULIS KEDUA2, PENULIS KETIGA3 dst…

1Institution/affiliation; addres, telp/fax of institution/affiliation

Email penulis pertama: 1nnn@nnnnnnnn.nnn

2Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA Unkhair, Ternate

e-mail penulis kedua: *2 nnn@nnnnnnnn.nnn x

3Program Studi Biologi, FMIPA Universitas....., Institusi .......

e-mail penulis ketiga: 3 nnn@nnnnnnnn.nnn 

 Abstrak

Abstrak Maksimal 200 kata berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris dicetak miring dengan Times New Roman 10 point. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah yang diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian dan ringkasan hasil penelitian. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat.

Kata kunci—3-5 kata kunci (dimiringkan)

 

PENDAHULUAN

Pendahuluan menguraikan latar belakang  permasalahan yang diselesaikan, isu-isu yang terkait dengan masalah yg diselesaikan, ulasan penelitan yang pernah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lain yg relevan dengan penelitian yang dilakukan.

METODE PENELITIAN

Penyajian metode memerlukan acuan pustaka, apabila sudah pernah dipublikasi sebelumnya dan hal ini mencerminkan seberapa valid metode yang digunakan. Dalam bab ini memuat lokasi, penelitian, bahan dan alat, metode penelitian, prosedur kerja dan analisis data.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pembahasan terhadap hasil penelitian dan pengujian yang diperoleh disajikan dalam bentuk uraian teoritik, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

TABEL DAN GAMBAR

4.1. Tabel

Judul tabel dan keterangan yang diperlukan ditulis dalam bahasa Indonesia dengan jelas dan singkat. Tabel harus diberi nomor. Penggunaan tanda koma (,) dan titik (.) pada angka di dalam tabel masing-masing menunjukkan nilai pecahan desimal dan kebulatan seribu. Penggunaan garis vertikal dalam tabel sebaiknya dihindari. Seperti contoh berikut:

Tabel 1. Klasifikasi Keanekaragaman Tumbuhan Obat

No

Nilai Keanekaragaman

Selang intensitas serangan 

1

2

3

4

5

  < 7,3

  7,3 – 27,1

27,1 – 54,8

54,8 – 79,1

                        > 79,1

Sangat tinggi

Tinggi

Sedang

Rendah

Sangat rendah

Sumber:         , tahun

4.2. Gambar

Gambar berupa grafik dan ilustrasi lain harus kontras dan dibuat dengan tinta hitam (warna jika benar-benar diperlukan). Setiap gambar harus diberi nomor, judul dan keterangan yang jelas dalam bahasa Indonesia dan Inggris sebagaimana contoh dalam Gambar 1. Demikian pula untuk foto harus mempunyai ketajaman yang baik dan diinsert dalam format tex box agar posisi gambar dapat tetap stabil (tidak berantakan) bila terjadi perubahan format.  Gambar diberi judul dan keterangan yang jelas dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Gambar 1. [a] Ageratum conyzoides (L.) L. dan [b] Licuala spinosa Wurmb.

KESIMPULAN

Uraian kesimpulan harus berdasarkan pada tujuan penelitian dan mengindikasi secara jelas hasil-hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya, serta kemungkinan pengembangan selanjutnya. Kesimpulan dapat berupa paragraf, namun sebaiknya berbentuk point-point dengan menggunakan numbering.

SARAN

Saran-saran untuk untuk penelitian lebih lanjut untuk menutup kekurangan penelitian. Tidak memuat saran-saran  diluar untuk penelitian lanjut.

Ucapan Terima Kasih

Penulis mengucapkan terima kasih kepada xxx yang telah memberi dukungan financial terhadap penelitian ini atau penulis mengucapkan terima kasih kepada pembantu peneliti pada saat proses pengmpulan informasi (data) baik di laboratorium maupun di lapangan.

DAFTAR PUSTAKA

Buku dengan urutan penulisan: Penulis, tahun, judul buku (harus ditulis miring) volume (jika ada), edisi (jika ada), nama penerbit dan kota penerbit.

Robert, B. C., 2005, Digital Learning Processing, Vol. 1, Ed.2,  Prentice Hall, New Jersey.

Buku Terjemahan dengan urutan penulisan: Penulis asli (nama depan, tengah. (disingkat), belakang. (disingkat)), tahun buku terjemahan, judul bukuterjemahan (harus ditulis miring), volume (jika ada), edisi (jika ada), (diterjemahkan oleh : nama penerjemah), nama penerbit terjemahan dan kota penerbit terjemahan.

Ramulan, S. K., 2004, Pedidikan Indoneia, Vol. 1, Ed.2,  diterjemahkan oleh Poroco, Offset, Yogyakarta.

Artikel dalam Buku dengan urutan penulisan: Penulis artikel, tahun, judul artikel (harus ditulis miring), nama editor, judul buku (harus ditulis miring), volume (jika ada), edisi (jika ada), nama penerbit dan kota penerbit.

Wyatt, J. C, dan Spiegelhalter, D., 1991,  Field Trials of Medical Decision-Aids: Potential Problems and Solutions,  Clayton, P. (ed.): Proc. 15th Symposium on Computer Applications in Medical Care, Vol 1, Ed. 2, McGraw Hill Inc, New York.

Pustaka dalam bentuk artikel dalam majalah ilmiah:

Urutan penulisan: Penulis, tahun, judul artikel, nama majalah (harus ditulis miring sebagai singkatan resminya), nomor, volume dan halaman.

Alves, R.R.N., and I.L. Rosa., 2008, Medicinal animals for the treatment of asthma in Brazil. J Altern Complem Med. Vol.14 (4): 350-351

Pustaka dalam bentuk artikel dalam seminar ilmiah:

Artikel dalam prosiding seminar dengan urutan penulisan: Penulis, tahun, judul artikel, Judul prosiding Seminar (harus ditulis miring), kota seminar, tanggal seminar.

Wyatt, J. C, Spiegelhalter, D, 2008, Field Trials of Medical Decision-Aids: Potential Problems and Solutions, Proceeding of  15th Symposium on Computer Applications in Medical Care, Washington, May 3.

Pustaka dalam bentuk Skripsi/Tesis/Disertasi dengan urutan penulisan: Penulis, tahun, judul skripsi, Skipsi/Tesis/Disertasi (harus ditulis miring), nama fakultas/ program pasca sarjana, universitas, dan kota.

Prasetya, E., 2006, Case Based Reasoning untuk mengidentifikasi kerusakan bangunan, Tesis, Program Pasca Sarjana Ilmu Komputer, Univ. Gadjah Mada, Yogyakarta.

Pustaka dalam bentuk Laporan Penelitian:

Urutan penulisan: Peneliti, tahun, judul laporan penelitian, nama laporan penelitian (harus ditulis miring), nama proyek penelitian, nama institusi, dan kota.

Ivan, A.H., 2005, Desain target optimal, Laporan Penelitian Hibah Bersaing,Proyek Multitahun, Dikti, Jakarta.

Pustaka dalam bentuk artikel dalam internet (tidak diperkenankan melakukan sitasi artikel dari internet yang tidak ada nama penulisnya):

Artikel majalah ilmiah versi cetakan dengan urutan penulisan: Penulis, tahun, judul artikel, nama majalah (harus ditulis miring sebagai singkatan resminya), nomor, volume dan halaman.

Wallace, V. P. , Bamber, J. C. dan Crawford, D. C. 2000. Classification of reflectance spectra from pigmented skin lesions, a comparison of multivariate discriminate analysis and artificial neural network. Journal Physical Medical Biology , No.45, Vol.3, 2859-2871.

Artikel majalah ilmiah versi online dengan urutan penulisan: Penulis, tahun, judul artikel,  nama majalah ((harus ditulis miring sebagai singkatan resminya), nomor, volume, halaman dan alamat website.

Xavier Pi-Sunyer, F., Becker, C., Bouchard, R.A., Carleton, G. A., Colditz, W., Dietz, J., Foreyt, R. Garrison, S., Grundy, B. C., 1998,  Clinical Guidlines on the identification, evaluation, and treatment of overweight and obesity in adults, Journal of National Institutes of Health, No.3, Vol.4, 123-130, :http://journals.lww.com/acsm-msse/Abstract/1998/11001/paper_treatment_of_obesity.pdf.

Artikel umum dengan urutan penulisan: Penulis, tahun, judul artikel, alamat website (harus ditulis miring), diakses tanggal …

Borglet, C, 2003,Finding Asscociation Rules with Apriori Algorithm,http://www.fuzzy.cs.uniagdeburgde/~borglet/apriori.pdf,  diakses tgl 23 Februari 2007.

Catatan. Daftar Pustaka hanya memuat semua pustaka yang diacu pada naskah tulisan, bukan sekedar pustaka yang didaftar. Pustaka ditulis berdasarkan urutan abjad.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Masuk ke website Jurnal: ejournal.unkhair.ac.id/index.php/techno
  2. Klik Menu Daftar (register)
  3. Kemudian mengisi form isian yang telah disediakan
  4. Setelah mengisi form isian kemudian klik daftar
  5. Setelah terdaftar cek email untuk mengetahui notifikasi dari Jurnal TECHNO yang berisikan username dan password yang sudah di isikan.
  6. User name dan password digunakan untuk login ketika akan mensubmit manuskrip jurnal.
  7. Manuskrip jurnal, institusi penulis, dan alamat korespondensi di upload pada unggah naskah.
  8. Manuskrip berisi judul artikel, identitas/biodata singkat penulis dan alamat korespondensi serta ucapan terima kasih disubmit/diupload pada file tambahan (suplementary file).
  9. Manuskrip yang disubmit harus menggunakan template yang disediakan. Manuskrip yang tidak menggunakan template yang disediakan, tidak akan diproses lebih lanjut tanpa pemberitahuan.
  10. Silahkan download form template untuk penulisan naskah pada Jurnal TECHNO mengacu format penulisan dari ieee.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.