Analisis Kemampuan Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme For International Student Assessment) pada Konten Kuantitas

Erni Ekafitria Bahar, Ahmad Syamsuadi, Abdul Gaffar, Andi Alim Syahri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematis dalam menyelesaikan soal PISA pada konten kuantitas pada siswa kelas X SMAN 11 Pinrang yang berkemampuan tinggi dan sedang. Data yang diperoleh tentang data kemampuan matematis siswa yaitu kemampuan penalaran matematis, kemampuan representasi matematis, dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes, dan wawancara. Soal yang digunakan dalam tes mengukur kemampuan matematis adalah soal-soal yang diadaptasi dari PISA yang berjumlah 3 soal. Wawancara bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada konten kuantitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kemampuan matematis subjek tinggi yaitu: (a) kemampuan penalaran matematis subjek tinggi sangat baik karenaa subjek mampu memperkirakan jawaban atau solusi dan melakukan perhitungan yang tepat, (b) kemampuan representasi matematis subjek tinggi cukup baik karena subjek mampu merepresentasikan masalah matematis yang diberikan, (c) kemampuan pemecahan masalah matemais subjek tinggi sangat baik karena subjek mampu memahami soal dengan mengidentifikasi unsur yang diketahui dan yang ditanyakan dalam soal, mampu merencanakan penyelesaian dan menyelesaikan masalah, serta mampu melakukan pemeriksaan kembali sehingga subjek sangat yakin jawaban yang diberikan sudah benar; dan 2) kemampuan matematis subjek sedang yaitu: (a) Kemampuan penalaran matematis subjek sedang sangat baik karena mampu memperkirakan jawaban atau solusi dari masalah matematis dan mampu menerapkan rumus tertentu serta melakukan perhitungan berdasarkan rumus tersebut dengan tepat, (b) Kemampuan representasi matematis subjek sedang kurang baik karena belum mampu merepresentasikan soal tersebut, (c) Kemampuan pemecahan masalah matematis Subjek Sedang sangat baik karena mampu memahami soal dengan menyebutkan unsur-unsur yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, mampu membuat rencana penyelesaian dan menyelesaikannya, serta mampu melakukan pemeriksaan kembali

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arnidha, Yunni. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Jurnal Edumath (Online). Vol. 2, No.1, Hal. 49-55. (http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath/article/view/166/117)

Abidin, Yunus dkk. (2018). Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatqurhohman. (2016). Representasi Matematis dalam Membangun Pemahaman Konsep Pecahan. Jurnal Math Educator Nusantara (Online). Vol 2, No. 01, Hal 43-54 (http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/400/296)

Hidayati, Anisatul dan Widodo, Suryo. 2015. Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri,” Jurnal Math Education Nusantara.

Hedriana, Heris dkk. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : PT Refika Aditama.

Johar, Rahmah. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang (Online). Vol 1, No. 1, Hal. 33-35. (http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1296).

Kariadinata, Rahayu. 2012. Meningkatkan Daya Nalar (Power of Reason) Siswa Melalui Pembelajaran Analogi Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung.

Lestari, Karunia Eka & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Rahmawati, Eka dkk. Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA. Pasir Pengaraian.

Rosita, Citra Dwi. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Magtematis: Apa, Mengapa dan Bagaimana Ditingkatkan Pada Mahasiswa. Jurnal Euclid (Online). Vol. 1, No. 1, hal. 33-46. (http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Euclid/article/view/342/232)

Syafri, Fatrima Santri. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath (Online). Vol 3, No. 1, Hal. 49-55. (http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath/article/view/283/173)

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan :Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta : PRENADAMEDIA GRUP.

Sari, E.P.F. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question. Palembang.

Wardhani, Sri. (2008). Standar Penilaian Pendidikan. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2327

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

Statistik Pengunjung