Pengembangan video pembelajaran dengan pendekatan multi representasi pada materi nilai mutlak kelas X

Aldi Akhmadi, Rohana Rohana, Yunika Lestaria Ningsih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran dengan pendekatan multi representasi pada materi nilai mutlak yang valid dan praktis untuk peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X sebanyak 6 orang peserta didik pada uji coba kelompok kecil, dan satu kelas pada uji coba kelompok besar di SMA Patra Mandiri 01 Palembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar validasi ahli, angket respon peserta didik, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 89.6. Kepraktisan video pembelajaran diperoleh dari hasil angket respon peserta didik pada saat uji coba kelompok besar yang melibatkan 20 orang peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Patra Mandiri Palembang. Berdasarkan hasil analisis data angket respon, video pembelajaran dinyatakan sangat praktis. Video pembelajaran dengan pendekatan multi representasi pada materi nilai mutlak yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni, Y., Arifin, Z., Kurniawan, D., & Wahyuningsih, T. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Software Wondershare Filmora pada Pelajaran Matematika Materi Nilai Mutlak Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan pada Masa Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 4(1), 80-90.

Ario, M., & Asra, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral pada Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20-31.

Aziz, T. A., Supiat, & Sunarto, Y. (2019). Pre-Service Secondary Mathematics Teachers’ Understanding of Absolute Value. Cakrawala Pendidikan, 38(1), 203-214.

Budi, B. S., Nusantara, T. N., Subanji, S. S., & Susiswo, S. S. (2020). Analisis Kesalahan Newman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak dan Scaffolding-nya. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 69-78.

Çiltas, A., & Tatar, E. (2011). Diagnosing Learning Difficulties Related to the Equation and Inequality that Contain Terms with Absolute Value. International Online Journal of Educational Sciences, 3(2), 461-473.

Darmawijaya, S. (2006). Pengantar Analisis Real. Yogyakarta: Jurusan Matematika Fakultas MIPA UGM.

Hasbullah, H., & Nazriana, L. (2017). Peningkatkan Kemampuan Interprestasi Grafik Melalui Pendekatan Multi Representasi Pada Materi Gerak Lurus. Prosiding Seminar Nasional USM (pp. 114-118). Banda Aceh: Universitas Serambi Mekkah.

Hidayah, S. (2020). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 7-9.

Irwandani, I. (2014). Multi Representasi sebagai Altenatif Pembelajaran dalam Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(1), 39-48.

Nikat, R. F., Loupatty, M., & Zahroh, S. H. (2021). Kajian Pendekatan Multirepresentasi dalam Konteks Pembelajaran Fisika. JURNAL Pendidikan dan Ilmu Fisika, 1(2), 45-53.

Ningsih, Y. L., & Fitriasari, P. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Video Pembelajaran Pada Materi Persamaan Diferensial. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 126-137.

Nopitasari, D. (2017). Analisis Kemampuan Multi Representasi Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-11.

Nuryah, M., Ferdianto, F., & Supriyadi, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 63-70.

Sa'adah, R. N., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D. Sumedang: Literasi Nusantara.

Sanaky, H. (2011). Media Pembelajaran: Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sunyono. (2015). Model Pembelajaran Multipel Representasi (Pembelajaran Empat fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi-Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi). Yogyakarta: Media Akademi.

Tonra, W. S., & Salim, A. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) Kalkulus

Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial. Jurnal SAINTIFIK, 4(2), 156–166

Turyati, Muchtarom, M., & Winarno. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Edukasi terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gondangrejo. PKN Progresif, 11(1), 256-267.

Widyaningsih, R. (2019). Desain Didaktis Hipotetik Definisi Nilai Mutlak dengan Pendekatan Multirepresentasi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 447-451). Semarang: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang.

Wilhelmi, M. R., Godiino, J. D., & Lacasta, E. (2007). Didactic effectiveness of mathematical definitions the case of absolute value . International Electronic Journal of Mathematics Education, 2(2), 73-90.

Zulfah, Z. (2017). Analisis Kesalahan Peserta didik pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Satu Variabel di Kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Lemma, 3(2), 1-9.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

Statistik Pengunjung