Pengembangan video pembelajaran dengan pendekatan multi representasi pada materi nilai mutlak kelas X
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggraeni, Y., Arifin, Z., Kurniawan, D., & Wahyuningsih, T. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Software Wondershare Filmora pada Pelajaran Matematika Materi Nilai Mutlak Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan pada Masa Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 4(1), 80-90.
Ario, M., & Asra, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral pada Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20-31.
Aziz, T. A., Supiat, & Sunarto, Y. (2019). Pre-Service Secondary Mathematics Teachers’ Understanding of Absolute Value. Cakrawala Pendidikan, 38(1), 203-214.
Budi, B. S., Nusantara, T. N., Subanji, S. S., & Susiswo, S. S. (2020). Analisis Kesalahan Newman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak dan Scaffolding-nya. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 69-78.
Çiltas, A., & Tatar, E. (2011). Diagnosing Learning Difficulties Related to the Equation and Inequality that Contain Terms with Absolute Value. International Online Journal of Educational Sciences, 3(2), 461-473.
Darmawijaya, S. (2006). Pengantar Analisis Real. Yogyakarta: Jurusan Matematika Fakultas MIPA UGM.
Hasbullah, H., & Nazriana, L. (2017). Peningkatkan Kemampuan Interprestasi Grafik Melalui Pendekatan Multi Representasi Pada Materi Gerak Lurus. Prosiding Seminar Nasional USM (pp. 114-118). Banda Aceh: Universitas Serambi Mekkah.
Hidayah, S. (2020). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 7-9.
Irwandani, I. (2014). Multi Representasi sebagai Altenatif Pembelajaran dalam Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(1), 39-48.
Nikat, R. F., Loupatty, M., & Zahroh, S. H. (2021). Kajian Pendekatan Multirepresentasi dalam Konteks Pembelajaran Fisika. JURNAL Pendidikan dan Ilmu Fisika, 1(2), 45-53.
Ningsih, Y. L., & Fitriasari, P. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Video Pembelajaran Pada Materi Persamaan Diferensial. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 126-137.
Nopitasari, D. (2017). Analisis Kemampuan Multi Representasi Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-11.
Nuryah, M., Ferdianto, F., & Supriyadi, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 63-70.
Sa'adah, R. N., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D. Sumedang: Literasi Nusantara.
Sanaky, H. (2011). Media Pembelajaran: Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sunyono. (2015). Model Pembelajaran Multipel Representasi (Pembelajaran Empat fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi-Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi). Yogyakarta: Media Akademi.
Tonra, W. S., & Salim, A. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) Kalkulus
Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial. Jurnal SAINTIFIK, 4(2), 156–166
Turyati, Muchtarom, M., & Winarno. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Edukasi terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gondangrejo. PKN Progresif, 11(1), 256-267.
Widyaningsih, R. (2019). Desain Didaktis Hipotetik Definisi Nilai Mutlak dengan Pendekatan Multirepresentasi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 447-451). Semarang: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang.
Wilhelmi, M. R., Godiino, J. D., & Lacasta, E. (2007). Didactic effectiveness of mathematical definitions the case of absolute value . International Electronic Journal of Mathematics Education, 2(2), 73-90.
Zulfah, Z. (2017). Analisis Kesalahan Peserta didik pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Satu Variabel di Kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Lemma, 3(2), 1-9.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.