CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MODEL TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY

Sitna Hawa Rajab, Ali Ajam, Asrul M. Syawal

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengunaan model Ctl dalam belajar bahasa inggris terutama pada kosakata, pada siswa kelas dua MTS Nurul Hidayah Bobaneigo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan uji-t. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTS Nurul Hidayah Bobaneigo yang khusnya kelas VII A yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 42 siswa diantaranya pria 18 dan wanita 24. Sampelnya adalah 21 orang siswa kelas VII A. Peneliti memberikan tes sebelum treatment tentang kosakata, dan kemudian memberikan posttest setelah treatment. Hal ini dapat dilihat dalam hasil posttest menunjukan bahwa dari 21 siswa 2 siswa memperoleh luar biasa, 10 siswa memperoleh sangat baik, 6 siswa memperoleh baik, dan 3 siswa memperoleh cukup baik. Bahwa skor rata-rata di posttest 1.825. Lebih rendah di skor rata-rata di pretest 1.165. Berdasarkan data diatas pemahaman siswa masih rendah sebelum belajar melalui model pembelajaran CTL. Nilai t-test 4.48 lebih tinggi dari t-table 1.725 pada tingkat signifikan 0.05 itu adalah derajat kebebasan 20. Ini berarti bahwa Hi diterimah dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa pengunaan model pembelajaran CTL signifikan untuk mengajar kosakata di siswa MTS Nurul Hidayah Bobaneigo.

Kata Kunci


CTL, kosakata, uji-T

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alqahtani, M. 2015. The Importance of Vocabulary in Language Learning and How to be Taught. International Journal of Teaching and Education. Volume 3 Nomor 3.

Aziz, S. L.. 2015. Etika Profesi Guru Perspektif Pendidikan Islam. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Cahyo, A. N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belejar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta: DIVA Press.

Eggen, P., & Don, K. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: PT Indeks Permata Puri.

Glynn, S.M. & Linda K.W. 2004. Journals of elementary science education. Bandung: Tenager Rosdakarya.

Hartini, N. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta: Thesis.

Istikomah. 2009. Teaching Vocabulary Throuht Contextual Teaching and Learning. Department Of English Education Faculty of Tarbiyah And Teacher’ Training Syarif Hidayatullah State Islamic University. Jakarta : Thesis.

Lubis, M. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sultan Syarif. Kasim Riau Pekan Baru: Thesis.

Satriani, I, Emi E., & Muhammad, H. G. 2012. Contextual Teaching and Learning Approach to Teaching Writing Indonesian University of Education. Journal of Applied Linguistik, Vol.2. No.1.

Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Minabari, K.H.. 2009. Pendidikan Informal dan Pendidikan Formal Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Tangerang: Media Kalam

Mulyanah. 2013. Peranan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mta Pelajaran PKN. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta: Thesis.

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Banguntapan Jogjakarta: DIVA Press.

Purnamasari, L. 2016. The Preliminary Research of Vocabulary Learning Strategies Used the High Achiever Learners, at SMA Bina Anak Sholeh. Unpublish Thesis Islamic University of Indonesia.

Roestiyah, N.K. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Satriani, I, Emi E., & Muhammad, H. G. 2012. Contextual Teaching and Learning Approach to Teaching Writing Indonesian University of Education. Journal of Applied Linguistik, Vol.2. No.1.

Sears, S. J. 2002. Contextual Teaching and Learning A primer for Effective Instruction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sudijono, A. 2000. Pengantar Statistic Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v18i1.1598

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.