PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE

Dahri Hi. Halek

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a macth dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Ternate. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi pratindakan, siklus I, dan Siklus II.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIISMP Negeri 4 Kota Ternate. Pembelajaran IPS pada pratindakan adalah pembelajaran konvensional. Pembelajaran IPS siklus I dan II dengan materi Bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan berjalan dengan lancar. Hasil penelitian tentang hasil belajar siswa pada pratindakan 33%, siklus I 57% dan siklus II 89%.

Kata kunci: make a match, hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

EDUKASI: JURNAL PENDIDIKAN

FKIP UNIVERSITAS KHAIRUN

Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

E-mail: edukasifkip@gmail.com

OJS: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/

CP: (Saiful) mobile: +62 813-4031-4232

Indexed By: