PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERKARAKTERISTIK THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI PEMANFAATAN POTENSI LOKAL SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 HALSEL

Jassia I. Pagala

Sari


Perangkat  pembelajaran  merupakan  bagian  penting  dalam  proses  pembelajaran  Biologi,  namun

banyak perangkat pembelajaran yang digunakan saat ini belum sesuai dengan karakteristik Model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran  menggunakan  model  Think Pair Share  yang layak untuk digunakan  dalam proses pembelajaran sedangkan penelitian Eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan  (Research  and  Development)  dan  Eksperimen  yang  dilakukan  Madrasah  Aliyah Negeri 1 Halsel. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran Think Pair Share yang di kembangkan dengan melalui beberapa tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, pengembangan draf produk, penulisan perangkat, dan tahap uji coba produk perangkat (Uji validasi ahli dan uji pengguna produk) berdasarkan penilaian ahli dengan nilai presentase 81% (Silabus), 84% (RPP), dan 80,6% (LKS), dan guru biologi 70% (Silabus), 80,5% (RPP), 75% (LKS)  Sehingga perangkat pembelajaran dengan  menggunakan  model  Think Pair Share tersebut layak digunakan  dan  dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Hasel menggunakan Uji Anakova diperoleh Fhit  > Ftab atau 4,72 > 1,89 maka Ha di terima.

 

Kata kunci: , Hasil belajar, Perangkat pembelajaran, Think Pair Share.


Teks Lengkap:

695-706

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.