Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Fokus dari JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer) adalah menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dari berbagai kalangan baik akademisi, praktisi maupun lainnya.

Ruang lingkup bidang keilmuan dari JIKO (jurnal informatika dan komputer) adalah bidang artificial intelligence, sistem informasi, pengolahan citra, sistem komputer dan informatika sosial

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

  1. Artikel yang di masukkan (disubmit) akan diseleksi oleh Dewan Redaksi.
  2. Artikel yang memenuhi kriteria penulisan yang baku akan diteruskan kepada Reviewer sedangkan manuskrip yang tidak memenuhi kriteria penulisan yang baku akan dikembalikan ke penulis tanpa melalui penelaahan oleh Reviewer.
  3. Manuskrip yang sudah direview oleh Reviewer, akan dikembalikan kepada penulis jika dibutuhkan perbaikan. Setelah penulis melakukan perbaikan sesuai dengan masukan dan penilaian Reviewer maka penulis harus mengirim ulang (re-submit) dan akan direview kembali.
  4. Manuskrip direview oleh Reviewer secara anonim (single blind reviews) dan diberi rekomendasi; diterima/layak muat, ditolak/tidak layak muat, atau diterima dengan revisi.
  5. Keputusan diterima/ditolak sebuah manuskrip diputuskan oleh Ketua Dewan Redaksi (Editor in Chief) berdasarkan rekomendasi dari Reviewer dalam forum rapat Dewan Redaksi.

 

Frekuensi Penerbitan

JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer) 2 kali terbit dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober

 

Kebijakan Akses Terbuka

JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer) menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.