Perancangan alat pengukur suhu air laut dengan sensor LM35

Siti Nelly Fataha

Sari


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat pesat, sehingga banyak bermunculan peralatan yang tidak terlepas dari penggunaan alat listrik. Seiring itu pula diproduksi peralatan-peralatan yang berteknologi tinggi untuk pemakaian makinefektif dan efisien. Suhu merupakan salah satu parameter yang paling sering diukur. Pengukuran terhadap parameter suhu sangat berguna untuk mempelajari sebuah proses fisika, kimia, atau biologi. Maka diperlukan penelitian lebih jauh dengan memanfaatkan teknologi yang ada untuk mendapatkan informasi mengenai sumber daya kelautan dan perikanan diwilayah indonesia. Penelitian ini menggunakan sensor LM35 yang dimana mampu mengkonversi besaran tersebut dengan kenaikan 10 mV/˚C. Sensor LM35 adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi untuk mengubah besaran suhu menjadi besaran listrik dalam bentuk tegangan. Lm35 memiliki keakuratan tinggi dan kemudahan perancangan jika dibandingkan dengan sensor suhu yang lain, LM35 juga mempunyai keluaran impedansi yang rendah dan linieritas yang tinggi sehingga dapat dengan mudah dihubungkan dengan rangkaian kendali khusus serta tidak memerlukan penyetelan lanjutan.. Dari perancangan sistem akuisisi data suhu didapatkan hasil bahwa sistem ini memiliki kemampuan untuk mengukur suhu dari 25˚C sampai 100˚C.


Kata Kunci


sensor suhu LM35

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amado. 2012. “Occurrence and Distribution of Rhodolith Beds on the Fernando de Noronha Archipelago of Brazil.” 101(August):41–4.

Anon. 2007. “National Semiconductor.” National Semiconductor 291–316.

Armansyah Andriboko. 2015. “Peningkatan Kinerja Komputer Dengan Kestabilan Temperatur Terkendali Berbasis Mikrokontroler.” E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer 55–63.

Christ, R. D. and R. .. Wernli. 2007. The ROV Manual: A User Guide for Observation Class Remotely Operated Vehicles. Oxford, UK: Butterworth-Heinemann.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/protk.v6i1.1013

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Raya Pertamina - Gambesi Kec. Ternate Selatan Kota Ternate, Indonesia
 
Email : protek@unkhair.ac.id

 View PROtek Stats