PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU PROYEK DENGAN METODE ANALISIS NILAI HASIL MENGGUNAKAN MICROSOFT PROJECT

Dewi Fajria Aman, Edward Rizky Ahadian, Muhammad Rizal

Sari


Dalam proyek konstruksi dibutuhkan suatu sistem pengendalian proyek yang diharapkan dapat membantu pelaksanaan proyek tetap berjalan dalam batas biaya, waktu dan performan yang ditetapkan dalam rencana. Earned Value Analysis merupakan salah satu metode pengendalian yang digunakan untuk mengendalikan biaya dan waktu proyek. Metode Earned Value Analysis menggunakan perbandingan antara nilai hasil dari apa yang telah dikerjakan dalam suatu proyek, sehingga dapat diketahui kinerja proyek dari segi biaya dan waktu. Metode ini mengacu pada Rencana Anggaran Biaya (RAB), Time Schedule rencana, Analisa Harga Satuan (AHS), laporan bulanan pembiayaan proyek dan laporan bulanan kemajuan proyek. Dari hasil analisis data, Proyek Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan Kawasan Kampung Makasar Timur pada peninjauan bulan ke IV sampai dengan bulan ke VI menunjukkan nilai CPI < 1 yang berarti pengeluaran proyek lebih besar dari rencana. Untuk nilai SPI > 1 terjadi pada bulan IV yang artinya pelaksanaan proyek mengalami percepatan waktu dari jadwal rencana, namun sebaliknya terjadi penurunan kinerja waktu pada bulan ke V dan bulan ke VI yang ditunjukkan dengan nilai SPI < 1. Dari hasil perhitungan prakiraan penyelesaian proyek pada akhir peninjauan di bulan ke VI membutuhkan waktu selama 211 hari dan biaya sebesar Rp 9.214.316.185,00,- hal ini menunjukkan bahwa proyek akan mengalami keterlambatan waktu dan penambahan biaya jika kinerja proyek tetap sama seperti pada bulan ke VI.

Teks Lengkap:

1 - 9

Referensi


Abrar Husen. 2011. Manajemen Proyek. Andi. Yogyakarta.

Andi Wahju Rahardjo Emanuel., Hapnes Toba dan Yenni M Djajalaksana. 2009. Panduan Lengkap Mengelola Proyek dengan Microsoft Project Professional 2007. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Armaini Akhirson Karaini. Pengantar Manajemen Proyek. Seri Diktat Kuliah Universitas Gunadarma. Depok.

Dwi Kartikasari. 2014. Pengendalian Biaya Dan Waktu Dengan Metode Earned Value (Studi Kasus : Proyek Struktur Dan Arsitektur Production Hall-02 Pandaan). Extrapolasi Jurnal Teknik Sipil, Vol. 7 No. 2, hal. 107 – 114, Universitas 17 Agustus 1945.Surabaya.

Endar Pancaningrum., Widi Hartono dan Sugiyarto. 20018. Pengendalian Biaya Dan Waktu Dengan Menerapkan Metode Earned Value Analysis (Eva) Menggunakan Software Microsoft Project 2007 (Studi Kasus Di Proyek Pembangunan Hotel Brothers 2 Solo Baru, Sukoharjo). e-Jurnal Matriks Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Iman Soeharto. 1997. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Erlangga. Jakarta.

. (2001). Manajemen Proyek Jilid 2. Erlangga. Jakarta

Indri Meiliasari., M. Indrayadi dan Lusiana. Earned Value Analysisterhadap Biaya Dan Waktu Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus Proyek Pembangunan Sarana/Prasarana Pengamanan Pantai). Jurnal Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura.

Irika Widiasanti., dan Lenggogeni. 2013. Managemen Konstruksi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mitchel Danny Maximilian Pinontoan. 2015. Pengendalian Biaya Dan Waktu Dengan Metode Analisis Nilai Dan Hasil Dengan Microsoft Project 2010 (Studi Kasus : Gedung Mantos Tahap III). Jurnal Sipil Statik Vol.3 No.12 Desember 2015 (787-803) ISSN: 2337-6732, Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Rifqi Auzan N., Daniar Rizky S., dan Suharyanto Frida Kistiani. 2017. Pengendalian Biaya Dan Waktu Proyek Dengan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value). Jurnal Karya Teknik Sipil, Volume 6, Nomor 4, Tahun 2017, 460-470, Universitas Diponegoro. Semarang.

Soemardi. dkk. 2007. Konsep Earned Value Untuk Pengelolaan Proyek Konstruksi. Buku Referensi Konstruksi: Industri, Pengelolaan, Dan Rekayasa. Penerbit ITB. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33387/clapeyron.v2i1.3442

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office : Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia.

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.