PERSEPSI PENGGUNA TRANSPORTASI LAUT TERHADAP KINERJA PELABUHAN LAUT RUM DAN PELABUHAN LAUT SARIMALAHA

Syamsuddin Do Taher, Raudha Hakim, Arbain Tata

Sari


Kebutuhan sarana transportasi penyeberangan laut di Kota Tidore Kepulauan mengalami peningkatan progresif akibat semakin banyaknya sejumlah kegiatan yang membutuhkan jasa transportasi terutama angkutan penyeberangan, sehingga bertambahnya insentitas pergerakan antara pulau di Kota Tidore Kepulauan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk tingkat kinerja pelayanan transportasi laut di pelabuhan laut Rum dan pelabuhan laut Sarimalaha. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI).

Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode Importance Performance Analysis atau IPA beberapa atribut yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan Pelabuhan Rum diantaranya adalah toilet yang bersih dan wangi, Musholah yang bersih, tempat parkir aman, perlengkapan hyginies, petugas yang selalu menerapkan senyum, salam, sapa. Pada Pelabuhan Laut Sarimalaha yang perlu dilakukan perbaikan antara lain toilet bersih dan wangi, Musholah yang bersih, perlengkapan hyginies, petugas yang selalu menerapkan senyum, salam, sapa. Berdasarkan hasil metode Customer Satisfaction Index atau CSI tingkat kepuasan pengguna jasa Pelabuhan Rum secara keseluruhan 0,59 berdasarkan kriteria nilai Customer Satisfaction Index berada pada range 0,51 - 0,65 dengan kriteria cukup puas dan harus ditingkatkan. Sedangkan Pelabuhan Sarimalaha 0,50 berada pada range 0,35 - 0,50 dengan kriteria kurang puas berdasarkan3 kriteria nilai Customer Satisfaction Index atau CSI.


Kata Kunci


peluhan rum, Pelabuhan sarimalaha, tidore, IPA, CSI

Teks Lengkap:

6-14

Referensi


Arianto, D., & Sutrisno, A. (2021). Kajian Antisipasi Pelayanan Kapal dan Barang di Pelabuhan Pada Masa Pandemi Covid–19. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 22(2), 97–110. https://doi.org/10.25104/transla.v22i2.1682

Firdaus, F. (2021). Aplikasi Metode Importance Performance Analysis (Ipa) Dan Customer Satisfaction Index (Csi) Untuk Analisa Peningkatan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Persepsi Pengguna Moda Transportasi Bus Akdp Dan Akap Pada Terminal Type B (Studi Kasus Pada Terminal Caruban – Kabupaten Madiun). Develop, 4(1), 63–84.

Gaus, A., Anwar, C., & Putra, S. (2017). Aplikasi Metode Importancae Performance Analysis dalan Analisa Tingkat Pelyanan Mode Speedboat. Techno: Jurnal Penelitian, 6(1), 37–45. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/Techno

Gaus, A., Sultan, M. A., Ayub Wahab, I. H., Abdullah, Abd. M., & Nu’man. (2021). Analysis of Service Levels of the Tidore-Sofifi Speedboat Mode During the Covid-19 Virus Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1), 012073. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012073

Gaus, A., Sultan, M. A., Wahab, I. H. A., Majid, A., Nu’man, N., Amir SULTAN, M., Hamsir Ayub WAHAB, I., Majid ABDULLAH, A., & Nu’man, N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pelayanan Moda Transportasi Speedboat Tidore-Sofifi. Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil, 3(2), 89–96. http://www.ejournal.ust.ac.id/index.php/JRKMS/article/view/824

Hardianti, H., Said, L. B., & Syafei, I. (2022). Analisis Pengaruh Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Jurnal Konstruksi, 1(2), 10–20.

Jinca, M. Y. (2009). Keterpaduan Sistem Jaringan Antar Moda Transportasi Di Pulau Sulawesi. Jurnal Transportasi, 9(1), 1–14.

Mardiani, M., Anwar, C., & Sultan, M. A. (2013). Model Probabilitas Pemilihan Moda Kapal Ferry dan Speed Boat Rute Ternate - Tidore. SIPILsains, 3(6), 33–40.

Marissa, Y. (2018). Analisa Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Pelabuhan Tanjung Api-Api. Seminar Nasional “Kearifan Lokal Dalam Keberagaman Untuk Pembangunan Indonesia, 389–398.

Muhammad, I., Sabaruddin, S., & Hakim, R. (2021). Kajian Tingkat Kepuasan Dan Pengembangan Prasarana Transportasi Laut Di Kota Tidore Kepulauan. Simetrik, 11(2), 485–494.

Saputra, M. R. A., Lakaw, a I., Hujiyanto, H., Jassi, A. M., & Sufrianto, S. (2022). Analisis Persepsi Pelayanan Kapal Malam Rute Kendari - Raha Provinsi Sulawesi Tenggara. SultraCivil Engineering Journal (SCiEJ), 3(1), 18–31.

Soamole, B., & Susanto, B. (2013). Analisis Persepsi Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Angkutan Laut Di Pelabuhan Regional Sanana Kab. Kepulauan Sula, Prop. Maluku Utara. Jurnal Teknik Sipil, 12(3), 202–209.

Sultan, M. A., Marsaoly, N., Yudasaputra, M. T., & Pasri, A. A. (2013). Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Infrastruktur Transportasi Di Kabupaten Halmahera Utara. SIPILsains, 3(5), 59–74.




DOI: https://doi.org/10.33387/clapeyron.v4i1.6123

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office : Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia.

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.