Analisis Efisiensi Bahan Bakar Batubara Tipe Low Rank Coal Pada Boiler Stoker PLTU Tidore Unit 2

Agan Daud P, Rudi Hartono, Ahmad Seng

Sari


PLTU Tidore beroperasi dengan bahan bakar batubara agar pemakaian minyak pada pembangkit-pembakit tenaga diesel di Tidore-Ternate berkurang. Menggunakan batubara kelas rendah (Low Rank), boiler di PLTU Tidore diharapkan mampu bekerja secara maksimal. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai bagaimanakah pengaruh kualitas batubara kelas rendah tersebut pada kinerja boiler di PLTU TIdore.

Batubara dengan karakteristik GCV ± 4000 kcal/kg, carbon ±45%, moisture ±35%, ash content ±4 %, nitrogen ±1%, hydrogen ±4%, sulphur ±0.5 %, dan oksigen ±12% kalori ±4200 kcal/kg, karbon ±45%. Dioperasikan pada boiler water tube tipe stoker dimana kebutuhan turbin adalah 50 bar mainsteam. Menggunakan periode Performance test bulan Maret, April, dan Mei sebagai acuan kinerja boilerkarena beban dipertahankan 7 MW, setiap performance test menggunakan batubara yang berbeda kualitas, asal, dan kondisi.

Didapatkan nilai efisiensi sebesar 70% pada batubara di PT April dengan kalori 4117 Kcal/kg,  agar boiler di PLTU Tidore dapat bekerja secara maksimal dibutuhkan batubara dengan nilai kalori >4200 kcal/kg, karbon >45%,  moisture <35%, dan juga kondisi kering.

Kata kunci : Tabung tipis, penyerap energi, energi plastis, gaya reaksi, impak kecepatan tinggi

 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/dinamik.v5i2.2968

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information


Editorial Office :
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.