Pengaruh Nosel Konvergen sebagai Pengarah Aliran Masuk pada Turbin Angin Terhadap Daya yang Dibangkitkan

ishak usman, iwan Gunawan

Sari


Pada umumnya energi angin yang menghasilkan energi listerik, sebelumnya diproses dalam sebuah mesin yang dikenal dengan nama turbin angin (wind turbine), dimana turbine ini terdiri dari beberapa jenis yakni, turbin angin sumbu horizontal TASH) dan turbin angin sumbu vertikal (TASV). Semua jenis turbin ini mengubah energi gerak angin yang bertiup langsung ke sudu-sudu turbin tanpa adanya sebuah perlakuan khusus, atau dengan kata lain turbin bergerak sesuai dengan kecepatan angin secara alami.
Kecepatan aliran suatu fluida secara teori dapat ditingkatkan dengan menempatkan sebuah saluran yang penampangnya mengecil (nosel konvergen) saat dilalui fluida. Kipas angin digunakan untuk menggantikan aliran angin (udara) dimana ada tiga variasi kecepatan (tiga posisi transmisi putaran kipas angin). Dari tiga variasi kecepatan ini diperoleh data kecepatan angin keluar nosel pengarah dan tegangan serta kuat arus listrik yang dibangkitkan generator yang digunakan untuk menghitung daya dan efisiensi yang dibangkitkan turbin.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa daya dan efisiensi yang dibangkitkan dengan pemasangan nosel pengarah naik dibandingkan dengan tanpa pemasangan nosel pengarah, yakni pada posisi variasi kecepatan III (posisi transmisi putaran kipas pada angka 3) diperoleh; tanpa nosel pengarah daya dan efisiensi berturut-turut 0,034 Watt dan 23,91% sedangkan dengan pemasangan nosel pengarah daya dan efisiensi yang dihasilkan adalah 0,280 Watt dan 28,81%.


Teks Lengkap:

Tidak berjudul


DOI: https://doi.org/10.33387/dinamik.v6i1.3454

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information


Editorial Office :
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.