Analisis Pengaruh Lebar Celah Busi NGK Platinum Terhadap Performa Mesin Honda GX 160

Hasrianto Herman, Said hi. abbas, iwan Gunawan

Sari


Busi adalah sebuah suku cadang yang diletakkan pada bagian dalam dari mesin pembakaran dengan ujung electrode pada ruang bakar. Fungsi busi adalah bertugas untuk memercikkan bunga api yang dibutuhkan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresi hingga menjadi langkah usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh celah busi terhadap performance mesin; berupa daya yang dihasilkan dan penggunaan bahan bakar) pada mesin jenis empat langkah (four stroke) dari jenis busi yang digunakan berjenis NGK platinum. Hasil penelitian ini didapatkan hubungan celah busi terhadap konsumsi bahan bakar dan daya menunjukkan bahwa pada celah busi 0,35 mm pada beban 0,5 FC= 0,1057 dan putaran konstan, pada celah busi 0,60 pada beban 0,5 FC= 0,1121 dan putaran konstan bertambah lebarnya celah busi akan meningkatkan konsumsi dan daya bahan bakar yang dihasilkan, hingga tertinggi terjadi pada celah busi 0,85 mm, konsumsi bahan bakar boros FC= 0.1204 putaran yang dihasilkan konstan, sehingga dapat disimpulkan dengan celah busi yang kecil dapat menghemat bahan bakar dan putaran konstan serta efisiensi efektif yang dihasilkan celah busi 0.6 mm yang terbaik dibandingkan dengan celah busi yang lain.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul


DOI: https://doi.org/10.33387/dinamik.v6i2.4106

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information


Editorial Office :
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.