Analisis Penurunan Nilai Viskositas Oli Mobil Toyota Rush

Ryan Effendi, Alfin Abdillah Pratama, Gunawan Gunawan, Suherna Suherna

Sari


Toyota Rush adalah mobil berjenis SUV (Sport Utillity Vehicle) yang di- produksi oleh perusahaan Toyota sejak tahun 2006 yang dipasarkan ke Eropa sebelum jepang. Toyota Rush merupakan Perpanduan SUV dengan MVP (Multi- Purpose Vehicle). Dan pada tahun 2013 toyota meluncurkan mobil denga- n desain exteriornya begitu mewah dan sporty yaitu TRD sportive dan interior yang tingkat kualitas kenyamanan sebagai unggulan pada Toyota Rush. Pengujian ini dilakukan dengan oli mesin Castrol Magnatec dengan SAE 10W-40 dengan menggunakan viscometer. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menentuhkan viskositas oli pada jarak tempuh dan mengetahui perbandingan viskositas oli pada pemakaian dari jarak 3.000 km, 5.000 km dan 7.000 km. Penelitian dilaksanakan bulan januari - juni 2023 pada workshop Toyota Auto 2000 Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur. Penelitian difokuskan pada Castrol Magnatec dengan SAE 10W-40 yang telah digunakan pada mesin Toyota rush dengan jarak tempuh 3.000 km, 5.000 km dan 7.000 km dengan membandingkan hasil pengukuran viskositas oli mesin sebelum digunakan (0 km) dan setelah digunakan dari 3.000 km, 5.000 km dan 7.000 km. Berdasarkan hasil data penelitian yang dilakukan dapat viskositas maksimal oli Castrol Magnatec dengan SAE 10W-40AT pada 3.000km adalah 14,9 cSt, di 5.000 km adalah 15,3 cSt dan di 7.000 km adalah 16,2 cSt. Masing- masing mencapai batas maksimalnya pada jarak tempuh di 3.000 km adalah 2.031 km, di 5.000 adalah 4.583 km dan di 7.000 km adalah 7.368 km. Hasil dari sam- pel ini dikatakan bahwa oli mesin pemakain 3.000 km, 5.000 km dan 7.000 km masi dalam batas pemakaian yang dapat digunakan karena batas maksimal standar oli mesin pada jarak tempuh adalah 10.000 km


Kata Kunci


Toyota Rush, Castrol Magnatec, jarak tempuh, dan viskositas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


W. T. P. Krisna Slamet Rasyid, Sudarno, “PENERBITAN ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA Universitas Muhammadiyah Ponorogo,†Pengaruh Model Jemb. rangka batang berbahan stik es krim terhadapbeban Krit., no. 2018, hal. 70–80, 2018.

H. Harun, J. Junaidi and Fadli Ahmad Kurniawan Nasution. "PENGARUH MINYAK PELUMAS OIL SHELL ADVANCE AX7 SAE 10W-40 MATIC BERDASARKAN KEKENTALAN KINEMATIK DAN TOTAL BASE NUMBER PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA N MAX 155." Buletin Utama Teknik 18.2 (2023): 130-134.

A. Kontak, “Sepeda motor Stop Watch Thermometer Speedometer Gelas ukur RK-2 cup alat ukur viskositas oli ) g . Jarum suntik / injection untukmengambil oli dari mesin.â€

Fadilah, Ikbaar, R. Grenny Sudarmawan, and Asep Yana Yusyama. "Pengaruh Jarak Tempuh Sepeda Motor Terhadap Nilai Viskositas Pelumas SAE 10w-40 dengan Metode Ostwald." Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin. No. 1. 2022.

D. Yuliyanto dan E. Widodo, “Pengaruh Jenis Bahan Bakar Terhadap Viskositas dan TBN Pelumas SAE10W-30 pada Motor Bakar 125cc,†R.E.M. (Rekayasa Energi Manufaktur) J., vol. 3, no. 1, hal. 1, 2018, doi:10.21070/r.e.m.v3i1.1541.

P. Dan, K. Bahan, dan T. Priangkoso, “Analisa Pengaruh Bahan Dasar Pelumas Terhadap Viskositas,†vol. 8, no. 1, hal. 56–61, 2012.

E. Rani, “Analisis Karakteristik Pengaruh Suhu Dan Kontaminan Terhadap Viskositas Oli Menggunakan Rotary Viscometer,†J. Neutrino, vol. 0, no. 0, hal. 18–31, 2012, doi: 10.18860/neu.v0i0.1624.

I. Firmansyah, “Analisis Sistem Pelumasan Pada Mesin Honda Civic 16 Valve,†2006.

Malau, Viktor. (2009). Lubrications and Lubricants. Jakarta: UGM.

Wartawan, Anton L. (1998). Pelumas Otomotif dan Industri. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33387/dinamik.v9i2.9176

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information


Editorial Office :
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.