Pengembangan Alat Shaking Table Dalam Eksperimentasi Pemisahan Pasir Besi

Devrith Adi Putra Mone, Jahirwan Ut Jasron, Defmit B.N Riw

Sari


Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alam, bahan galian pasir besi merupakan sumber daya alam yang banyak dijumpai di Indonesia, sumber daya pasir besi di Indonesia pada tahun 2011, sumber daya berjumlah 1,58 miliar ton dan pada tahun 2015 sumber daya meningkat menjadi 4,46 miliar ton. Pengolahan bahan galian ini memiliki keuntungan untuk mengurangi kehilangan logam berharga, bahan galian terdiri dari mineral logam, non logam, batuan, radioaktif dan batu bara. Pasir besi adalah salah satu endapan mineral, pasir besi digunakan sebagai bahan baku dalam industri pembuatan baja dan magnet, kandungan yang diambil dari industri pembuatan baja dan magnet adalah konsentrat besi. Alat yang biasanya digunakan dalam pengolahan pasir besi yaitu Shaking Table bekerja didalam aliran lapis tipis yang memberikan gaya dorong terhadap partikel diatas Deck. Riffles (penghalang) dipasang pada permukaan Deck (meja) untuk membentuk turbulensi dalam aliran sehingga partikel ringan akan mengapung melewati riffles hingga masuk ke tempat tailing, sedangkan partikel mineral berat tertahan karena adanya gaya gesek yang besar diantara riffles dan akan bergerak lebih jauh sampai ke ujung meja menuju tempat penampungan konsentrat. Tujuan dari penelitian ini adalah Melakukan Rancang Bangun Alat Shaking Table dalam eksperimentasi untuk pemisahan pasir besi. Hasil yang didapat dari perancangan alat Shaking Table adalah alat yang dirancang dan diuji coba telah berfungsi dan dari hasil pengujian kinerja alat didapatkan hasil massa pasir besi 3 kg dengan tiga kali tahap pengujian, pada pengujian petama menghasilkan konsentrat paling banyak 0,30 kg dan tailing 2,70 kg.


Kata Kunci


Shaking Table, Riffle, Pasir Besi, Konsentrat, Tailings

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


P. C. Dewantara, T. A. H. Iskandar, and K. Kunci, “KAJIAN TEKNIS PENGARUH JUMLAH RIFFLE PADA ALAT MEJA GOYANG ( SHAKING TABLE ) TERHADAP RECOVERY DAN KADAR BIJIH TIMAH,” pp. 27–28, 2021.

M. Farhan, “Skripsi analisis peningkatan kualitas pasir besi untuk memenuhi bahan baku baja tulangan beton dalam skala laboratorium,” 2022.

S. Purnawan, A. Azizah, Z. Jalil, and M. Zaki, “Karakteristik Sedimen dan Kandungan Mineral Pasir Besi di Labuhan Haji Timur, Kabupaten Aceh Selatan,” J. Rekayasa Kim. Lingkung., vol. 13, no. 2, pp. 110–119, 2018, doi: 10.23955/rkl.v13i2.10532.

H. PUTRA, Produktivitas shaking table dengan variasi kemiringan deck meja untuk pemisahan pasir besi. 2018.

T. R. Salsabilla, “Program studi teknik pertambangan jurusan teknik pertambangan dan geologi fakultas teknik universitas sriwijaya 2021,” 2021.

A. R. Siti Halimah Nasution, Irvani, “Kabupaten Bangka PT Timah Tbk ( Optimization Shaking Table In Washing The Low Grade Tin Ore at PPBT Pemali,” pp. 1–7.

T. Hidayat, “material pasir besi lokal pantai Lere Parado Bima-NTB dengan metode separasi magnetik dan pemurnian asam terlarut untuk mendapatkan Brookit (FeTiO 2 ) ”,” 2019.

E.Rasyid, S.Komar, and Mukiat, “DESIGNING RIVER SAND WASHING EQUIPMENT TO PRODUCE Jurnal Pertambangan,” vol. 3, no. 3, 2019.

Y. Rumbino and I. F. Krisnasiwi, “Recovery Konsentrat Pasir Besi Menggunakan Alat Sluice Box,” J. Teknol., vol. 13, no. 1, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33387/dinamik.v9i1.7406

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information


Editorial Office :
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.