PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM INDEKS LQ-45 DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016

Muhsin N Bailusy

Abstract


            Penelitian dengan judul “pengaruh struktur modal dan kebijakan Dividen terhadap nilai perusahaan dan Profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan yang tergabung dalam Indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016â€, bertujuan mengetahui apakah struktur modal berpengaruh terhadap nilai perusahaan, apakah kebijakan deviden berpengaruh terhadap nilai perusahaan, apakah profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, apakah profitabilitas mampu memediasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan, apakah profitabilitas mampu memediasi pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan beberapa landasan teori dan penelitian terdahulu sebagai acuan atau literatur. Pada metode penelitian Teknik pengampilan sampel dari populasi peneliti menggunakan Teknik purposive sampling serta penggunaan data sekunder dari perusahaan yang kemudian di uji untuk mengetahui tingkat validitas dari data tersebut sehigga dari langkah yang sudah dilakukan dapat diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut struktur modal berpengaruh negative dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Profitabilitas sebagai variabel intervening mampu memediasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan, Profitabilitas sebagai variabel intervening tidak mampu memediasipengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan.

 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yusniar, Ziyad. 2014. Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen Dan Size Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Properti Di Bursa Efek Indonesia.

Adhari Dodi. 2016. Pengaruh Struktur Modal Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Serta Ukuran, Kinerja Dan Pertumbuhan Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia.

Al-Fisah Chayatun Mirza. 2016. Profitabilitas Memediasi Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai PerusahaanProperti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen: Vol. 5, No. 5 Mei.

Amirya dan Atmini. 2007. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Yang di Mediasi Oleh Leverage Perusahaan Sebagai Variabel Intervening : Sebuah Perspektif Pecking Order Theory.

Andanika Dan Ismawati. 2017. Pengaruh profitabilitas Dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index.

Antara I Made. 2012. Pengaruh Dividend Payout Ratio Price To Book Value Ratio Dan Price To Earnings Ratio Pada Return Saham Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011.

Antari, Dana I Made. 2011. Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial, dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2010.

Dewi Sputri Y. Putu. Yuniartha A. Gede dan Atmadja Tungga W. Anantha. 2014. Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ-45 Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012.

Djabid W. Abdullah. 2009. Kebijakan Dividen Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kebijakan Utang Sebuah Perspektif Agency Theory. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, Vol. 13, No. 2 Mei, Hal. 249-259. Terakreditasi SK. No 167/DIKTI/Kep/2007.

Fauzi M. Nur dan Suhadak. 2015. Pengaruh Kebijakan DividenDan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dan Profitabilitas. (Studi Pada Sektor Mining Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013.

Febriana, Djawahir dan Djumahir. 2016. Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Manajerial dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusasahaan (Studi Pada Perusahaan Manufactur yang Terdaftar di BEI Pada Tahun 2011-2013).

Jusriani Fanindya Ika. 2013. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan DIviden, Kebijakan Utang, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011).

Gusti Mayogi. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen dan Kebijakan Utang terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan yang terdaftar dalam Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013).

Hamidy Rusdi Rahman. 2015. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia.

Hemuningsih Sri. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik Indonesia.

Hidayat A. Tiewy dan Sugiyono. 2017. Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. Vol. 6. No. 5 Mei.

Anita dan Yulianto. 2016. Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013).

Margaretha Farah. 2011. Manajemen Keuangan Untuk Manajer NonKeuangan. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Nofrita Ria. 2013. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening. (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia).

Pertiwi, T. dan H. Bambang. 2017. Pengaruh struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, Hutang dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Prastuti, Sudiartha. 2016. Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur.

Reineka Chairun Nisa. 2016. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014.

Rizkiastuti Iriani Adiek. 2016. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Struktur Biaya dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. (Studi Kasus Pada Perusahaan Property, Real Estate dan Building Constructions yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2012-2014)

Santi, Hermanto. 2017. Pengaruh Struktur Kepemilikian, Kebijakan Dividen, Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. (Studi Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.

Sari Andika Putri. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage, Terhadap Nilai Perusahaan Transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 20112014.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi : Volume 5, Nomor 09, September.

Septia. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta.

Septiani Eka. 2017. Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sevagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Tahun 2012-2014).

Sudana I Made. 2015. Teori Dan Praktik Manajemen Keuangan Perusahaan Edisi 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Tunnisa Fadhilah. 2016. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening.

Untu Victoria dan Welley Morenly. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan di Sektor Pertanian Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013.

Utomo P. Hidayatullah. 2017. Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. (Studi Kasus Pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 20122015).

www.idx..co.id. Diakses pada tanggal 21 Februari 2018




DOI: https://doi.org/10.33387/jms.v6i1.1304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun, Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia. 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.